6 Tempat Wisata Menarik di Tawangmangu beserta Penginapannya

Ilustrasi air terjun.
Sumber :
  • Indonesia Travel

VIVA – Tawangmangu merupakan nama kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah. Daerah ini ada di lereng barat Gunung Lawu, yang berjarak 19 menit dari the Lawu Park Resort.

Kemenhub Siapkan Sanksi untuk Pejabatnya yang Goda-Ajak YouTuber Korsel ke Hotel

Gunung Lawu merupakan daerah penghasil sayur dan buah untuk warga Tawangmangu. Disana, Anda bisa membeli hasil panen langsung dari petani-petani Gunung Lawu.

Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Tawangmangu
Selain Gunung Lawu, banyak berbagai wisata menarik di Tawangmangu dapat dikunjungi pada akhir pekan. Berikut rekomendasi destinasi wisata  menarik di Tawangmangu yang layak Anda datangi.

Kronologi Youtuber Cantik Asal Korea Diajak Ngamar Om-om Botak Pejabat Kemenhub

Air Terjun Grojogan Sewu
Sebagai salah satu tempat wisata favorit di Tawangmangu, Air terjun grojogan sewu memiliki sekitar 80 meter. Menariknya, air terjun ini terus mengalir walaupun pada musim kemarau.

Anda harus melewati 1,250 anak tangga untuk bisa sampai ke air terjun. Tidak perlu takut bosan karena sepanjang perjalanan Anda mendapatkan pemandangan hutan yang masih asri.

Pria Plontos Ajak Youtuber Korea ke Hotel Ternyata Pejabat Bandara Kolaka

Untuk harga tiket masuk, pengelola mematok harga sebagai berikut
? Rp. 20.000 untuk wisatawan lokal
? Rp 110.000 untuk wisatawan asing

Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu
Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu merupakan tempat yang ramah untuk segala usia, terutama anak-anak. Tempat ini juga memiliki spot instagramable dengan berbagai wahana yang menarik.

Miniatur ikon dunia, miniatur kapal Titanic, jembatan goyang, rumah adat, mini coaster, studio sampai area outbond merupakan wahana menarik di tempat wisata ini.

Jam operasional Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu.
? 08.00 sampai 17.00 WIB (hari biasa)
? 08.00 sampai 21.00 WIB (hari libur)

Taman Wisata Balekalang
Mencari spot instagramable di Tawangmangu, Anda dapat mengunjungi Taman Wisata Balekambang. Lokasinya berdekatan dengan Grojogan Sewu dan WIsata Bukit Sekipan. Silahkan kunjungi pada jam 09.00 sampai 17.00 wib.

Spot foto menarik seperti 3D art studio, landmark dunia, dan patung-patung raksasa menambah suasana seperti keliling dunia. Setelah berfoto-foto, Anda bisa bermain di area outbond dan wahana sejenis waterboom.

Harga tiket masuk di Taman Wisata Balekalang sebesar:
? Rp 20.000 (hari biasa)
? Rp 25.000 (hari libur)

The Lawu Park
The Lawu Park memiliki pemandangan pohon pinus yang menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang. Anda bisa memanfaatkannya foto bersama.

Terdapat berbagai kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di The Lawu Park seperti flying fox, camping, ATV, sampai trail adventure.

Jika ingin masuk ke The Lawu Park, biaya yang dikeluarkan adalah Rp 10.000 sampai Rp 20.000 saja. Tempat wisata ini berada di Bulakrejo, Godosul Kidul, Tawangmangu.

Sakura Hills
Suka tentang Jepang? Tawangmangu memiliki lokasi wisata dengan konsep negara Jepang bernama Sakura Hills. Saat berkunjung, Anda akan disuguhkan pemandangan bunga sakura dengan latar belakang Gunung Lawu.

Sakura Hills juga menawarkan konsep dan ornamen serba Jepang seperti Torli Path, Samurai Path, sampai Benteng Takeshi. Sekadar informasi, Benteng Takeshi adalah acara tv yang pernah tayang dan populer di Indonesia.

Untuk Anda penyuka tantangan, keliling Sakura Hills menggunakan jeep jadi salah satu opsi menarik. Serta rasakan sejuknya udara malam di sana.

Sakura Hills buka dari jam 09.00 sampai 17.00 Wib dan mematok harga tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orang.

Rumah Atsiri Indonesia
Dulunya, Rumah Atsiri Indonesia adalah pabrik Citronella Indonesia Belanda. Lalu, direstorasi menjadi tempat wisata edukasi.

Sebagai pengunjung, Anda akan belajar tentang sejarah minyak atsiri. Minyak atsiri atau essential hasil senyawa yang diekstrak dari bagian tumbuhan seperti kelopak bunga, daun, kulit kayu, biji dan akar.

Selain mendapatkan ilmu minyak atsiri, Anda dapat menikmati taman bunga dengan berbagai jenis dan warna. Untuk bisa masuk ke Rumah Atsiri Indonesia akan dikenakan Rp 50.000 per orang. Sedangkan jam operasionalnya adalah 10.00 sampai 17.00 WIB.

Penginapan di Tawangmangu
Tawangmangu berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kota yang terdekat dari Tawangmangu ialah Magetan, Surakarta, Madiun, Salatiga, bahkan Yogyakarta. Apabila ingin berangkat berencana dari Yogyakarta, Anda bisa menginap di berbagai villa di Jogja. Tetapi seandainya ingin lebih dekat dari tempat wisata di Tawangmangu, The Lawu Park Resort adalah salah satunya.

Berikut berbagai pilihan penginapan yang ada di Tawangmangu:
1. Nava Hotel Tawangmangu
2. River Hill Tawangmangu
3. Pondok Indah Resort & Garden
4. Hotel Pondok Asri Tawangmangu
5. Hotel Tejomoyo
6. The Lawu Park Resort
7. Hotel Grand Bintang

Selain mengunjungi tempat wisata, The Lawu Park Resort dekat dengan Gunung Lawu. Pengalaman bermalam Anda akan makin berkesan dengan pemandangan Gunung Lawu.

Semua rekomendasi tempat menginap di Tawangmangu dapat Anda temukan melalui aplikasi Traveloka. Akomodasi mudah dan biasa bayar saat check in hotel.

Sebab Traveloka, #TemanHidup untuk lifestyle-mu yang menyediakan clean accommodation, bisa bayar saat check-in, dan hotel online check-in.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya