5 Perlengkapan Cuci Piring yang Wajib Ada di Dapur

Perlengkapan mencuci piring
Sumber :
  • ruparupa.com

VIVA – Mencuci piring merupakan kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya. Meninggalkan aktivitas ini sehari saja bisa membuat peralatan makan di rumah menjadi bau dan menimbulkan kerak. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki perlengkapan mencuci piring yang tepat agar lebih mudah dan praktis dalam membersihkan peralatan makan dan masak.

5 Dampak Buruk Pakai Laptop di Atas Kasur

Lantas, perlengkapan cuci piring apa saja yang wajib kamu miliki di dapur? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Rak Piring
Kamu tentu membutuhkan rak untuk meletakkan piring dan peralatan makan lain yang telah dicuci bersih sebagai tempat pengering. Gunakanlah rak piring yang kuat dan tahan jamur, seperti rak besi agar masa pemakaiannya lebih awet.

Spons Pencuci Piring Bisa Sebabkan Keracunan, Kolera hingga Kelenjar Tiroid, Kok Bisa?

Selain itu, kamu juga bisa memilih rak piring yang sudah dilengkapi dengan tempat sendok, bagian khusus gelas, dan bagian khusus piring untuk mempermudah penataan setelah mencuci.

2. Sabun dan Spons
Hal berikutnya yang wajib ada adalah sabun cuci piring dan spons. Akan lebih baik jika kamu telah membilas sabun cuci piring terlebih dahulu sebelum membersihkan peralatan makan dan alat masak. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sabun dengan wangi yang segar dan natural agar tidak meninggalkan bau.

Berawal dari Kerja Cuci Piring, Christian Sugiono Kini Jadi Pebisnis Hebat

Sedangkan untuk spons, kamu bisa menggunakan bahan spons selulosa dan sabut spons untuk mencuci peralatan makan dan alat masak aluminium. Untuk peralatan masak anti lengket, kamu bisa memakai spons nilon.

Nah, jika ingin membersihkan kerak dan pantat panci yang menghitam, kamu bisa memakai spons dari bahan logam.

3. Tempat Sabun Cuci Piring
Agar tempat mencuci piring kamu lebih bersih dan tertata rapi, kamu juga memerlukan wadah untuk meletakkan sabun cuci piring.

Gunakanlah tempat sabun berbentuk botol pompa agar sabun tidak tumpah dan tertuang dalam jumlah banyak. Supaya lebih praktis, gunakan tempat sabun dengan model dispenser yang telah dilengkapi tempat untuk meletakkan spons.

4. Kain Lap 
Bila peralatan makan dan alat masak sudah dicuci dengan bersih, kamu bisa mengeringkannya dengan memakai kain lap. Gunakan lap selulosa untuk mengeringkan peralatan makan. Sedangkan lap spons, bisa kamu pakai untuk membersihkan bak cuci piring karena punya daya serap yang tinggi.

5. Saringan Sisa Makanan
Alat terakhir yang tidak kalah penting adalah saringan sisa makanan untuk menjaga agar ampas makanan tidak masuk ke dalam lubang saluran air, yang dapat memicu terjadinya mampet. Kamu bisa memilih saringan yang dapat dipasang di lubang saluran pembuangan air pada bagian bak cuci piring agar lebih mudah mengangkat sisa makanan.

Nah, itu dia perlengkapan mencuci piring yang wajib kamu punya. Kamu tidak perlu bingung untuk mencari peralatan untuk membersihkan perlengkapan makan dan masak. Cukup dapatkan dengan mudah melalui Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan rumah tangga dan perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, belanja sekarang sebelum kehabisan!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya