5 Manfaat Rajin Membersihkan Rak Buku di Rumah

Ilustrasi Rak Buku
Sumber :
  • ruparupa.com

VIVA – Apakah kamu mempunyai hobi membaca? Bila ya, pasti banyak sekali bacaan yang bisa dijadikan pilihan, mulai dari novel, jurnal, artikel, komik, dan masih banyak lagi. Selain meningkatkan wawasan, rajin membaca buku juga bisa membuat kita jadi tidak mudah lupa, loh.

Ayu Ting Ting Syukuran Rumah Baru, Seberapa Mewah?

Banyaknya buku bacaan, tentunya akan menyebabkan rumah tampak berantakan. Maka dari itu, kamu membutuhkan rak buku untuk menyimpan semua buku koleksi kesayangan. Namun, pastikan kamu rutin membersihkan rak buku kesayangan di rumah.

Selain dapat menjaga kualitas buku, rajin membersihkan rak buku ternyata memberikan manfaat lain bagi kehidupan kita, lho. Apa saja itu? Cek berikut ini.

Menikmati Hiburan di Rumah Hanya dengan Ketukan Jari

1. Meningkatkan konsentrasi
Manfaat merapikan rak buku pertama yang bisa kamu peroleh adalah dapat meningkatkan konsentrasi. Apalagi saat merapikan buku, kita perlu fokus, terutama bila kita menyusun buku sesuai abjad, nama penulis, atau kategori buku. Namun, tidak  perlu terburu-buru, saat menyusun koleksi buku agar kita bisa sambil kembali mengingat intisari dari buku tersebut.

2. Mempercantik tampilan rumah
Merapikan rak buku juga bisa membuat tampilan rumah jadi lebih rapi. Kamu bisa menyusun buku sesuai dengan warna pada setiap bagian rak. Tentunya, warna sampul buku tersebut akan menjadi hiasan rumah yang cantik dan estetis. Nah, jika masih memiliki ruang di dekat rak buku, kamu bisa meletakkan tanaman hias atau action figure.

5 Cara Jitu Renovasi Rumah Tanpa Bikin Dompet Kering

3. Menghilangkan stres
Banyak orang yang mengatakan bahwa merapikan rumah adalah salah satu kegiatan yang bisa menghilangkan stres. Bahkan, ada yang menganggap kegiatan bersih-bersih sebagai hobi, termasuk dengan merapikan isi rak buku. Tentunya, merapikan ulang rak buku bisa membuat kita jadi bernostalgia dengan isi cerita seru dari buku-buku tersebut. Nah, cara inilah yang dapat membuat kita jadi lebih rileks.

4. Meningkatkan kualitas kesehatan
Barang-barang yang jarang tersentuh pastinya lama kelamaan akan menjadi sarang debu dan sumber penyakit, termasuk rak buku. Tentunya, salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan di rumah adalah dengan merapikan dan membersihkan rak buku secara rutin. Nah, agar ruangan tetap memiliki udara yang bersih, kamu bisa meletakkan air purifier di sudut ruang baca.

5. Membuat rak tahan lama
Banyak yang percaya bahwa dengan rajin merawat dan menggunakan sesuatu akan membuat benda tersebut jadi lebih awet dan tahan lama. Sama halnya dengan membersihkan rak buku. Bila kita rutin membersihkannya, pasti rak buku akan lebih tahan lama. Soalnya, rak buku bisa bebas dari debu dan kotoran. Cukup rutin bersihkan dengan lap microfiber seminggu sekali, maka rak buku dapat terawat dengan baik.

Yuk, mulai lebih rajin lagi merapikan rak buku di rumah. Nah, buat kamu yang sedang mencari rak buku berkualitas, kamu bisa menemukannya hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini memiliki  penawaran harga rak buku, harga kursi, serta peralatan rumah tangga lainnya yang lebih terjangkau. Tenang saja, semua perabot rumah tangga tersebut berkualitas terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya