5 Olahraga yang Baik dan Aman untuk Penderita Asam Lambung

Ilustrasi Olahraga
Sumber :
  • Canva

VIVA – Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Oleh karena itu, terdapat minimal waktu berolahraga dalam satu minggu, yaitu 150 menit.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Namun, bagaimana bagi orang-orang yang mempunyai gangguan kesehatan, khususnya pada sistem pencernaan? Mengingat orang yang memiliki gangguan pencernaan seperti asam lambung naik akan merasa tidak nyaman untuk berolahraga.

Gangguan asam lambung memang memberikan rasa ketidaknyamanan bagi penderitanya. Bahkan, gangguan ini bisa mengganggu aktivitas rutin seseorang karena harus menahan rasa sakitnya.

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Apabila aktivitas sehari-hari saja terganggu, lalu bagaimana penderita asam lambung dalam melakukan olahraga? Sebab, olahraga merupakan aktivitas fisik yang kadang lebih berat daripada kegiatan biasanya.

Namun, tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa olahraga yang baik untuk penderita asam lambung naik. Apa saja macam-macam olahraga ini?

Profil Yoon Sung Bin, Atlet yang Dirumorkan Jadi Pacar Baru Jihyo TWICE

5 Jenis Olahraga yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Ada beberapa pilihan olahraga ringan yang tidak akan memicu asam lambung naik. Pada umumnya, jenis-jenis olahraga ini bersifat low impact.

Selain itu, jenis olahraga ini tidak akan menekan bagian perut sehingga aman untuk penderita asam lambung. Berikut adalah beberapa pilihan olahraga yang dilakukan untuk penderita asam lambung:

1. Jalan Kaki
Aktivitas rutin seperti jalan kaki ini ternyata bisa masuk dalam golongan olahraga. Namun, siapa sangka kalau jalan kaki dalam waktu tertentu justru baik untuk kesehatan tubuh, apalagi mencegah penyakit.

Manfaat dari jalan kaki ini juga bermacam-macam, seperti mengurangi risiko penyakit, menenangkan pikiran, hingga meningkatkan kesehatan dari organ-organ dalam manusia.

2. Jogging
Lari laun atau sering kita kenal dengan jogging juga aman untuk penderita asam lambung. Olahraga ini bisa kita lakukan di mana saja karena berupa lari dengan kecepatan lambat dan santai.

Jogging juga memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, diantaranya: meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan jantung, dan mengurangi stres yang berlebihan.

3. Bersepeda
Salah satu jenis olahraga kardio yang aman adalah bersepeda. Bersepeda sangat aman bagi pemula dan penderita asam lambung karena merupakan olahraga yang sangat minim risiko menyebabkan cedera.

Olahraga bersepeda ini baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, bersepeda juga bermanfaat untuk merawat sendi-sendi tulang dan meningkatkan koordinasi dalam tubuh. 

4. Renang
Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mengharuskan orang-orang untuk menggerakkan seluruh bagian tubuh. Selain itu, renang juga termasuk olahraga yang unik karena harus dilakukan di dalam air.

Kendati demikian, manfaat renang untuk kesehatan ini bermacam-macam bentuknya. mulai dari memperkuat otot, membakar kalori, mengatasi gangguan tidur, dan mengontrol kadar gula darah.

5. Yoga
Olahraga yang baik untuk penderita asam lambung yang terakhir adalah yoga. Kegiatan yoga ini memang sedikit berbeda dengan jenis olahraga yang ada di dunia ini.

Yoga adalah aktivitas fisik yang membawa meditasi juga menggunakan beberapa teknik, seperti pernapasan, peregangan, kelenturan, dan keseimbangan tubuh. Hal ini bertujuan untuk menyelaraskan fisik, jiwa, mental, emosi, dan spiritual dalam tubuh kita.

Melalui penjelasan di atas, olahraga yang aman untuk asam lambung adalah yang ringan dan tidak menekan perut. Gerakannya pun ringan tetapi menyehatkan sehingga cocok bagi orang-orang yang memiliki gangguan pencernaan.

Olahraga-olahraga ini memang menyehatkan, namun akan lebih sehat lagi jika rutin mengonsumsi minuman sereal untuk asam lambung Nutriflakes. Nutriflakes adalah sereal untuk asam lambung yang diproduksi dari umbi garut. Umbi garut inilah yang memiliki manfaat alami untuk meredakan asam lambung.

Nutriflakes sudah berlabel BPOM sehingga aman dikonsumsi. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi nutriflakes.id atau Instagram @nutriflakes.official.

Dengan olahraga yang cukup dan asupan yang bergizi, tentu badan lebih sehat dan asam lambung lewat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya