Ini 5 Tips Pilih Akomodasi Liburan Sesuai Budget

Ilustrasi liburan.
Sumber :
  • BestHotels

VIVA – Memilih akomodasi liburan seringkali memerlukan banyak pertimbangan. Anda perlu meluangkan waktu untuk menentukan pilihan akomodasi liburan yang tepat. Selalu ada banyak pilihan akomodasi liburan, namun apakah pilihan tersebut sesuai dengan budget Anda?

Mengintip Keindahan Alam Malang: Air Terjun, Gunung, dan Pantai

Mengingat bahwa akomodasi biasanya merupakan salah satu biaya terbesar ketika melakukan perjalanan, Anda disarankan untuk mengambil waktu untuk menghitung estimasi keseluruhan.

Disamping memilih akomodasi liburan yang ideal dan sesuai budget Anda, fasilitas Traveloka PayLater bisa menjadi pilihan sistem pembayaran untuk mewujudkan kebutuhan liburan, baik bersama orang-orang tersayang atau self-reward.

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Hal pertama yang harus dipahami ketika memilih akomodasi liburan adalah berbagai pilihan yang tersedia untuk Anda.

Dari mulai berbagai macam properti yang bisa disewa seperti hotel, cottage, hostel, dan lainnya. Selain budget, pilihan yang tepat tentu tergantung pada jenis akomodasi yang menurut Anda ideal, seperti destinasi,tingkat kenyamanan yang diharapkan, dan jumlah orang yang akan ikut berlibur.

Verrell Bramasta Pamer Momen Liburan ke Jepang, Boyong Ibunda Usai Lebaran

Sebelum Anda memikirkan dan menentukan pilihan, apa saja sih hal yang perlu dipelajari dan diperhatikan? Jika Anda ingin mengetahui akomodasi terbaik untuk perjalanan Anda dan mendapatkan beberapa tips untuk menghemat uang, yuk simak terus!

1. Atur Keseluruhan Budget

Hampir semua orang menjadikan budget sebagai bahan pertimbangan pertama ketika hendak merencanakan liburan. Seringkali, biaya akomodasi mengambil bagian terbesar dari budget liburan. Pastikan bahwa Anda melakukan perbandingan yang tersedia dan memanfaatkan promosi tawaran terbaik yang sedang berlaku. Saat memilih akomodasi sesuai budget, penting untuk menghindari pilihan akomodasi yang menawarkan rincian pembayaran yang transparan, tanpa adanya biaya tersembunyi. Jangan sampai biaya akomodasi keluar dari kalkulasi budget, ya!

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Mempertimbangkan pemilihan lokasi akomodasi Anda dapat dibantu dengan lokasi-lokasi tujuan yang akan dikunjungi selama liburan. Pemilihan akomodasi yang berada di dekat tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi, seperti spot wajib para wisatawan, sangat disarankan. Ketika Anda sudah mempersiapkan akomodasi untuk semua tujuan yang akan dikunjungi, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang ekstra untuk transportasi dan juga menghindari membuang-buang waktu untuk pindah ke dan dari akomodasi Anda.

3. Tentukan Jenis Akomodasi Sesuai Jumlah Orang yang Berlibur

Akomodasi yang tepat akan memberikan ekstra kenyamanan ketika Anda berlibur. Jika Anda berencana untuk menjadi solo traveler, tempat penginapan seperti hostel ataupun kapsul hotel bisa menjadi pilihan yang tepat dan ekonomis, sekaligus menawarkan kenyamanan.

Di sisi lain, jika Anda memilih berlibur dengan keluarga atau kelompok, pertimbangkan opsi lain seperti rental properti liburan, seperti villa ataupun apartemen. Kedua jenis properti tersebut sangat ideal untuk kegiatan berlibur lebih dari 5 orang. Luas properti yang ditawarkan villa dan apartemen memberikan lebih banyak ruang dan fleksibilitas dibandingkan hotel, terutama untuk waktu liburan yang panjang. Jenis akomodasi apapun yang Anda pilih, salah satu hal terpenting yang perlu diingat adalah untuk selalu membaca ulasan tempat tersebut sebelum memesan demi menjamin kenyamanan dan keselamatan Anda.

Pastikan akomodasi yang terpilih dapat menjaga privasi Anda dan mempunyai sistem keamanan seperti lahan parkir pribadi di properti. Perlu juga luangkan waktu untuk membaca tentang kebijakan akomodasi seperti kebijakan pengembalian uang dan aspek lainnya.

4. Overnight Transport Sebagai Tempat Istirahat

Overnight transport merupakan salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan dalam menghemat biaya perjalanan liburan. Anda tidak perlu tempat untuk istirahat jika Anda tidur selama perjalanan! Anda bisa memilih membeli tiket perjalanan, baik penerbangan maupun kereta, di malam hari, terutama untuk perjalanan jarak jauh. Selain harganya yang lebih murah, Anda bisa lebih menghemat biaya yang dikeluarkan dengan meminimalisir akomodasi karena Anda bisa beristirahat selama perjalanan. Memang, tidak setiap hari Anda melakukan perjalanan jarak jauh. Paling tidak, Anda bisa mengurangi biaya akomodasi pada hari-hari yang membutuhkan perjalanan jarak jauh.

5. Fasilitas Penginapan

Fasilitas yang tersedia pada akomodasi pilihan Anda juga harus ideal. Pastikan hotel atau properti rental yang Anda pilih memiliki semua fasilitas yang Anda butuhkan untuk menghindari banyak masalah dan ketidaknyamanan.

Adanya lounge dan ruang tamu untuk bersantai, ataupun mesin cuci sangat berguna sehingga Anda dapat mencuci pakaian dan tidak perlu membawa terlalu banyak pakaian.

Pada umumnya, properti-properti rental sudah menawarkan penginapan dengan perabotan yang lengkap, termasuk menyediakan dapur yang bisa dimanfaatkan untuk memasak makanan sendiri.

Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat biaya yang dikeluarkan untuk makan, karena tentunya membeli bahan makanan untuk dimasak anggarannya lebih murah dibandingkan dari menyempatkan untuk makan di restoran tiga kali sehari, bukan?

Dengan menggunakan aplikasi Traveloka, Anda bisa memilih akomodasi liburan sesuai dengan budget yang Anda miliki, dari sederetan hotel, apartemen, villa, maupun Bed and Breakfast terbaik, baik di luar maupun dalam negeri.

Akomodasi yang Anda pilih juga bisa dibayar dengan berbagai macam sistem pembayaran, salah satunya dengan fasilitas Traveloka PayLater, yang memudahkan Anda mewujudkan impian liburan sesuai budget dengan membayar di akhir bulan ditambah dengan berbagai macam promo yang tersedia.

Itu dia beberapa tips dalam memilih akomodasi liburan sesuai budget dan menghemat saat liburan. Tidak sulit kan untuk mewujudkan impian liburan? Eksis dulu, bayar kemudian!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya