Mentan SYL Ungkap Sosok Tjahjo Kumolo, Ahli Ibadah dan Pembela Rakyat

Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo
Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Lumpo (Mentan SYL) mengungkapkan bahwa almarhum Tjahjo Kumolo semasa hidupnya adalah sosok idialis yang mengedepankan kepentingan bangsa dan rakyat. Lebih dari itu, Tjahjo juga dikenal sebagai ahli ibadah dan peka terhadap orang yang dirundung kesulitan.

"Kalau saya bilang, beliau itu orang baik dan tau bersahabat dalam perbedaan. Beliau juga mau berkometman terhadap tujuan yang idialis atas nama bangsa, rakyat dan ibadah," ujar SYL, Sabtu, 2 Juni 2022.

Dimatanya, Tjahjo merupakan sosok adaptif terhadap suasana apapun dan dimanapun. Almarhum memiliki sikap social butterfly atau luwes dalam bergaul. Tak heran jika dalam berbagai kesempatan, sikap dan cara pandangnya selalu ditunggu banyak orang.

"Tokoh yang adaptik terhadap semua suasana. Saya kehilangan sekali figur panutan saya," katanya.

SYL mengatakan bersama Tjahjo Kumolo dirinya pernah bernaung di satu organisasi forum komunikasi putra putri purnawirawan indonesia (FKPPI), angkatan muda pembaruan Indonesia (AMPI) dan masuk dalam partai golkar bersama Surya Paloh.

"Sampai kita berkarier di masing-masing jalur. Beliau ke PDIP jadi sekjen dan lain-lain. Kemudian saya juga didukung penuh waktu pencalonan Wakil Gubernur dan Gubernur Sulawesi Selatan," katanya.

Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negera dan Reformasi Birokrasi, meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Tjahjo kemudian di shalatkan di masjid Kemenpan dan dimakamkan di TMP Kalibata dengan prosesi militer.