Bea Cukai Lepas Dua Ekspor Perdana di Jambi dan Cirebon

Petugas Bea Cukai saat lepas ekspor perdana di Jambi dan Cirebon.
Petugas Bea Cukai saat lepas ekspor perdana di Jambi dan Cirebon.
Sumber :

VIVA – Sejalan dengan tugas dan fungsinya sebagai trade facilitator dan industrial assistance, kantor-kantor pelayanan Bea Cukai gencar memberikan asistensi, sosialisasi, dan pelayanan ekspor kepada para pelaku usaha di berbagai daerah.

Hal ini dilakukan untuk mendorong ekspor komoditas daerah yang pada akhirnya akan membantu mendukung peningkatan ekonomi nasional.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, pada Senin (18/07) mengatakan dua kantor pelayanan Bea Cukai melepas dua ekspor perdana di Jambi dan Cirebon.

“Upaya Bea Cukai Jambi dalam melaksanakan asistensi ekspor membuahkan hasil ketika PT Menjulang Tinggi Ke Atas, perusahaan yang diasistensi kantor pelayanan ini berhasil melaksanakan ekspor perdana komoditas pinang sebanyak 16 ton dengan tujuan negara Bangladesh pada tanggal 6 Juli 2022 lalu," ungkapnya.

Kemudian pada tanggal 14-15 Juli 2022 Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Bea Cukai Cirebon melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap ekspor perdana komoditas tekstil seberat 15 ton milik PT Glory Industrial Semarang yang merupakan salah satu perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat di Semarang.

“Bea Cukai Cirebon melakukan pengecekan keutuhan segel, kesesuaian jumlah dan jenis barang, serta pemeriksaan melalui x-ray. Pemeriksaan dilakukan di Terminal Kargo Internasional BIJB Kertajati pada tanggal 14 Juli 2022, sedangkan proses ekspor barang dilakukan keesokan harinya. Tidak ditemukan adanya masalah pemeriksaan sehingga barang bisa dilanjutkan ke proses penimbunan. Barang ekspor tersebut pun ditimbun di Tempat Penimbunan Sementara PT Jasa Angkasa Semesta sebelum barang akan dimuat ke pesawat pada tanggal 15 Juli 2022," rinci Hatta yang juga menyebutkan bahwa kegiatan ekspor ini merupakan penerbangan kargo internasional pertama kalinya di BIJB Kertajati.

Hatta menegaskan Bea Cukai berkomitmen untuk menciptakan perubahan yang makin baik dengan memberikan asistensi dan sosialisasi ekspor secara terencana dan efektif.

Halaman Selanjutnya
img_title