Majukan Ekspor, Cara Bea Cukai Tingkatkan Daya Saing UMKM

Bea Cukai dorong ekspor untuk majukan UMKM.
Bea Cukai dorong ekspor untuk majukan UMKM.
Sumber :

VIVA – Program Pemulihan Ekonomi Nasional yang dijalankan pemerintah berupaya untuk meningkatkan daya saing UMKM sehingga dapat menembus pasar internasional. Hal tersebut terus diupayakan Bea Cukai sebagai salah satu instansi yang memiliki kewenangan di bidang ekspor.

Tidak hanya berjalan sendiri, Bea Cukai secara aktif berkoodinasi dan bersinergi dengan instansi lain untuk dapat menciptakan program yang dapat mengakselerasi ekspor para pelaku UMKM.

Kegiatan sinergi dalam rangka mendorong ekspor kembali dilaksanakan oleh beberapa unit vertikal Bea Cukai yaitu Bea Cukai Marunda, Bea Cukai Cirebon, dan Bea Cukai Batam. Pada Juli lalu, Bea Cukai Marunda melaksanakan asistensi UMKM lewat kunjungan ke Rumah BUMN. 

“Rumah BUMN Jakarta merupakan sebuah wadah sebagai bentuk upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Kementerian BUMN bersama perusahaan milik negara membangun Rumah BUMN sebagai rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UKM menjadi UKM Indonesia yang berkualitas,” ungkap Hatta Wardhana, Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan.

Sementara itu di Jawa Barat, Bea Cukai Cirebon bersama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUMKMPP) Kota Cirebon membahas program UMKM Naik Kelas Kota Cirebon. 

Dalam kesempatan tersebut, Bea Cukai Cirebon menyatakan siap untuk memberikan asistensi kepada para pengusaha UMKM yang berpotensi ekspor. Bea Cukai optimis dengan perkembangan ekonomi di wilayah Cirebon akan semakin berkembang dengan semakin berkembangnya industri dan fasilitas perdagangan.

Pembahasan terkait upaya mendorong ekspor juga dilaksanakan Bea Cukai Batam dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Kementerian Investasi.