Ashefa Griya Pusaka usung Metode Komprehensif Program Rehab Narkoba

dr. I Gusti Ngurah Agastya, Sp.KJ - Psikiater Ashefa Griya Pusaka.
dr. I Gusti Ngurah Agastya, Sp.KJ - Psikiater Ashefa Griya Pusaka.
Sumber :

VIVA – Narkoba merupakan istilah untuk narkotika, psikotropika, dan zat berbahaya yang dapat menimbulkan ancaman untuk kesehatan lainnya.

Istilah yang seringkali digunakan adalah NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya).

Penggunaan narkoba yang dilakukan diluar kepentingan medis, merupakan salah satu bentuk penyalahgunaan narkoba yang dilarang secara keras di Indonesia melalui undang-undang resmi.

Hal tersebut dikarenakan penyalahgunaan narkoba dapat menimbulkan berbagai efek negatif bagi pemakainya, terutama adalah bagi generasi penerus bangsa yang harus dilindungi.

Seseorang yang melakukan penyalahgunaan narkoba akan mengalami kecanduan narkoba yang membuat kondisi kesehatan menjadi menurun dan merubah kesadaran sehingga perlu untuk menjalani rehabilitasi narkoba agar dapat pulih kembali.

Ciri-ciri pecandu narkoba dapat dikenali melalui fisik dan perilakunya, diantaranya adalah penurunan berat badan, perubahan kulit, masalah gigi, mata yang cekung dan sayu, wajah yang pucat, dan lain sebagainya.

Sedangkan jika dilihat melalui sudut pandang perilakunya, seorang pecandu narkoba akan lebih cepat marah dan agresif serta mengalami perubahan yang drastis dalam kebiasaannya.