Beri Edukasi, Bea Cukai Juanda Bersinergi dengan BP2MI dan Pertakina

Bea Cukai Juanda Jalin Sinergi dengan BP2MI dan Pertakina.
Bea Cukai Juanda Jalin Sinergi dengan BP2MI dan Pertakina.
Sumber :

VIVA – Bea Cukai Juanda sebagai pengemban amanah trade facilitator dan industrial assistance terus berupaya memberikan layanan kepada masyarakat, khususnya kepada para Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Berdasarkan Undang-Undang nomor 18 tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, Pekerja Migran Indonesia adalah setiap warga negara yang akan, sedang, atau telah melakukan pekerjaan dengan menerima upah di luar wilayah Republik Indonesia.

Pada Selasa (09/08), Bea Cukai Juanda melalui program Kawan Migran melakukan koordinasi dan asistensi kepada Perkumpulan Tenaga Kerja Indonesia Purna dan Keluarga (Pertakina), sebuah organisasi nonpemerintah berbadan hukum yang bergerak pada sektor pemberdayaan tenaga kerja Indonesia (TKI) purna dan keluarga.

Asistensi diberikan dalam rangka mendukung pelaku usaha yang tergabung dalam Pertakina agar berhasil melakukan ekspor produk unggulan.

“Pertakina merupakan organisasi pemberdaya masyarakat di bidang usaha ekonomi kerakyatan yang dirintis oleh aktivis sosial, mantan buruh migran, akademisi, dan peneliti sejak tahun 2010,” ujar Irwan Kurniawan, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Juanda.

Irwan menambahkan bahwa dalam melakukan usaha, Pertakina juga memiliki koperasi yang berdiri secara mandiri menggunakan sisa hasil selama bekerja di luar negeri maupun menggunakan jasa perbankan untuk modal usahanya.

Produk unggulan dimiliki Koperasi Pertakina adalah berbagai jenis rempah Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title