Bea Cukai Berikan Asistensi Dorong Laju Ekspor di Wilayah Sumatra

Dok. Photo Bea Cukai
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting sebagai critical engine dalam pemulihan perekonomian nasional dengan menggerakkan ekonomi rakyat hingga pada level terkecil. Bea Cukai, sebagai industrial assistance, secara aktif mengasistensi para pelaku UMKM di wilayah Sumatra untuk memasarkan produk ke pasar global.

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta

“UMKM merupakan salah satu pilar penting perekonomian Indonesia. Sektor UMKM mampu meningkatkan pendapatan masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan,” ungkap Hatta Wardhana, Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai Bengkulu melaksanakan asistensi ekspor kepada PT Sumatran Export Youth, pada Rabu (07/09), dan UMKM Sultan Lintah Indonesia, pada Kamis (08/09). Dalam kegiatan ini, Bea Cukai Bengkulu melakukan diskusi dan memberikan edukasi tata cara ekspor hingga penyampaian fasilitas yang diberikan Bea Cukai dalam melakukan ekspor.

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah

Hatta mengungkapkan bahwa lintah hidup merupakan komoditas yang banyak dicari di negara Malaysia dan Rusia. Lintah hidup dapat dimanfaatkan sebagai sarana pengobatan alternatif untuk mengatasi hipertensi, mengobati diabetes, mempercepat pertumbuhan luka, serta menjaga kesehatan kulit.

“Melihat potensi besar di pasar internasional, Bea Cukai mendorong pelaku UMKM Sultan Lintah Indonesia untuk melakukan ekspor mandiri komoditas lintah hasil budi dayanya,” imbuhnya.

Pakaian Dalam Asal Bantul Siap Bersaing di Amerika dan Inggris

Sementara itu di Kota Pangkalpinang, dalam rangka mendukung ekspor, Bea Cukai Pangkalpinang melakukan asistensi kepada UMKM Getas Super Cap Tani yang terletak di Kecamatan Girimaya, Kota Pangkalpinang, pada Selasa (23/08). Bong Mie Tjhing, pemilik Getas Super Cap Tani, mengungkapkan bahwa pihaknya rutin melakukan ekspor ke Singapura. “Selama ini kami rutin melakukan ekspor produk getas ikan tenggiri sebesar satu ton ke Singapura,” ujar Bong.

Selanjutnya, Bea Cukai Pangkalpinang melakukan asistensi ke UMKM Kopi Rempah Liget dan Buah Pinang yang berlokasi di Desa Jurung, Kecamatan Marawang, Kabupaten Bangka, pada Rabu (24/08). Sarbini, selaku Ketua Wadah Silaturahmi (Wasilah) UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengaku bahwa pengembangbiakan rempah-rempah di Pulau Bangka mendapat beberapa kendala.

“Kendala yang kami hadapi yaitu kurangnya pasokan bahan baku, lahan perkebunan, dan sumber daya manusia,” terangnya.

“Kami berharap, melalui asistensi dari Bea Cukai dapat membantu menjalin hubungan baik Bea Cukai Pangkalpinang dengan pengguna jasa, serta memberikan solusi dalam mendukung pelaku UMKM untuk menembus pasar internasional,” pungkas Hatta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya