Jokowi Sampaikan Duka Cita atas Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Presiden RI, Joko Widodo turut berduka cita atas musibah Kanjuruhan
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) turut berduka atas musibah kericuhan supporter yang terjadi di Stadion Kanjuruhan pasca-laga Arema FC Vs Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10). Akibanya, kejadian menewaskan 129 orang dan puluhan lainnya luka-luka.

Timnas Indonesia U-23 Pasti Raih Hasil Bagus, Main 9 Orang Saja Bisa Repotkan Qatar

“Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang, sauadara-saudara kita dalam tragedi sepakbola di Kanjuruhan, Malang Jawa Timur,” kata Jokowi dalam keterangan resminya melalui kanal Youtube, Sekretariat Presiden, Minggu (2/10).

Presiden Jokowi pun meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk memonitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik.

Hasil Qatar Vs Timnas Indonesia U-23 Dibatalkan karena Protes ke AFC? Begini kata Sang Manajer

“Saya juga telah perintahkan Menpora, Kapolri dan Ketua PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksaan pertandingan sepakbola dan juga prosedur pengamanan penyelanggaraannya,” ujarnya.

Khusus kepada Kapolri, Presiden Jokowi meminta agar melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini.

Masih Ingat 34 Pemain Pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Ada M Tahir hingga Andritany

“Untuk itu, saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara liga 1 sampai evaluasi perbaikan prosedur pengamanan dilakukan,” kata Jokowi.

Presiden pun mengaku menyesalkan terjadinya targedi ini dan berharap ini menjadi tragedi terakhir dalam sepakbola.

“Saya berharap ini adalah targedi terakhir sepakbola di Tanah Air, jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan seperti ini di masa yang akan datang. Sportifitas, rasa kemausiaan, dan rasa persaudaraan,  bangsa Indonesia harus terus kita jaga bersama,” harapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya