Bea Cukai Rajut Semangat Antikorupsi di Hakordia 2022

Bea Cukai merajut semangat antikorupsi di lingkup internalnya
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 jatuh pada tanggal 9 Desember dan mengangkat tema "Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi". Tema tersebut menggambarkan semangat bangsa ini memerangi korupsi dengan memperkuat peran serta seluruh elemen masyarakat, tak terkecuali instansi pemerintah seperti Bea Cukai

Bea Cukai Langsa Aceh Sita Onderdil Harley Davidson

Sebagai instansi yang mengemban tugas dan fungsi sebagai revenue collector dan community protector, Bea Cukai terus merajut semangat antikorupsi di lingkup internalnya. Memperingati Hakordia 2022, instansi ini menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang diyakini dapat meningkatkan integritas pegawai. "Sejak Oktober 2022, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah memulai rangkaian kegiatan Road to Hakordia 2022 dan puncaknya pada Desember 2022 dengan mengusung tema “Integritas Tangguh, Pulih Bersama”. Bea Cukai, sebagai unit eselon I di bawah Kemenkeu pun menyelenggarakan berbagai acara untuk memperingatan hari tersebut," ungkap Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, pada Rabu (07/12).

Salah satu kegiatan yang digelar Bea Cukai ialah webinar dengan tema “Peran Aktif Gen Y dan Z dalam Pemberantasan Korupsi” pada 29 November 2022. Hatta menyebutkan kegiatan ini merupakan upaya Bea Cukai dalam meningkatkan kesadaran integritas pejabat dan pegawai Bea Cukai dalam memerangi korupsi. "Sumber daya manusia adalah salah satu pilar reformasi birokrasi yang berperan penting dalam penguatan reformasi, termasuk di dalamnya aparatur sipil negara (ASN). Di Bea Cukai sendiri, persebaran pegawai didominasi oleh generasi Y dan Z. Mereka adalah representasi organisasi di mata publik. Untuk itu, diperlukan penguatan integritas dengan pendekatan sesuai karakteristik generasi. Melalui webinar tersebut diharapkan semangat antikorupsi di tubuh instansi ini terus dirajut oleh para pegawai Bea Cukai," ujarnya.

Bea Cukai Lakukan Uji Coba Modul Vehicle Declaration dalam Sistem CEISA 4.0

Perwujudan komitmen pemberantasan budaya korupsi juga ditunjukkan Bea Cukai melalui pembangunan zona integritas wilayah bebas korupsi (ZI-WBK). Menurut Hatta, pembangunan ZI-WBK merupakan aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di pemerintahan dan predikat ZI-WBK diberikan pada unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tata laksana dan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja. Sampai tahun 2021, 73% dari total unit kerja yang dimiliki Bea Cukai atau 115 unit kerja telah berpredikat WBK. Hal ini menjadi wujud implementasi program reformasi birokasi yang diharapkan mampu menumbuhkembangkan budaya kerja birokrasi yang antikorupsi, berkinerja, dan melayani publik secara prima.

"Kami pun mengajak masyarakat, terutama generasi muda untuk mendukung pemerintah dalam upaya pemberantasan budaya korupsi. Melalui peringatan Hakordia 2022, kita dorong gerakan antikorupsi di negara ini!" tutup Hatta.

Potret Layanan Ratusan Mitra Utama Bea Cukai Tanjung Priok
Bea Cukai gagalkan peredaran rokok ilegal

Bergerak Cepat, Bea Cukai Kudus Kembali Temukan Dua Bangunan Tempat Produksi Rokok Ilegal

Petugas Bea Cukai Kudus kembali menggagalkan peredaran rokok ilegal. Petugas secara cepat menindaklanjuti informasi yang diterima pada Rabu (24/04).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024