Di Tengah Erupsi Semeru, Penyaluran BLT di Lumajang Capai 98,5 Persen

PT Pos Indonesia menyalurkan BLT di Lumajang
PT Pos Indonesia menyalurkan BLT di Lumajang
Sumber :
  • Pos Indonesia

VIVA – PT Pos Indonesia (Persero) kembali membuktikan komitmen menyalurkan bansos, meski di tengah bencana. Penyaluran BLT BBM tahap 2, PKH, dan Bansos Sembako di Lumajang, Jawa Timur, hampir tuntas.

“Alokasi BLT BBM, PKH, Bansos Sembako di Lumajang sebanyak 89.167 keluarga penerima manfaat (KPM). Saat ini, realisasi penyaluran sudah 98,5 persen,” kata Executive Manager Kantorpos Cabang Lumajang, Dani Firmansyah. 

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM), Program Keluarga Harapan (PKH), dan bansos sembako (Bantuan Pangan Non Tunai/BPNT) di Lumajang sebetulnya sudah dimulai pada akhir bulan November, sebelum erupsi Semeru. Setelah terjadi erupsi Semeru, petugas Pos tetap meneruskan penyaluran kepada KPM yang belum menerima bansos. 

“Penyaluran BLT BBM tahap 2 kami jadwalkan sebelum erupsi. Untuk KPM terdampak erupsi, kami koordinasi dengan Dinsos untuk mencari tahu mereka mengungsi di mana. Kemudian, kami datangi langsung untuk dilakukan pembayaran di lokasi pengungsian,” kata Dani.

Metode penyaluran ketiga bansos tersebut dilakukan dengan cara dibagikan di Kantorpos, di komunitas, dan diantarkan langsung (door to door) ke rumah KPM yang sedang sakit, lansia, maupun disabilitas.  

“Metode pembayaran di awal pembayaran kami jadwalkan di komunitas, menyebar di tiap desa di Kabupaten Lumajang. Kami siapkan 10 tim. Kami jadwalkan dalam tujuh hari, realisasi pencapaian 97 persen. Sementara, metode penyaluran untuk sisa yang 3 persen, kami lakukan secara door to door, dan dibagikan di Kantorpos,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title