Diserahkan Wapres, Pertamina Borong 20 PROPER Emas dan Raih Green Leadership

Pertamina beserta anak usahanya raih penghargaan kategori PROPER Emas
Sumber :
  • Pertamina

VIVA – PT Pertamina (Persero) bersama beberapa anak usahanya berhasil meraih 20 penghargaan kategori PROPER Emas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Tak hanya itu, KLHK juga memberikan penghargaan kepada Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati sebagai Green Leadership Utama sebagai pimpinan tertinggi perusahaan yang perusahaannya memperoleh peringkat emas.  

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

Keterangan Foto: Direktur Utama Subholding bersama jajaran top manajemen SHU berfoto bersama usai menerima penghargaan PROPER Emas Kementerian Lingkungan Hidup 2022 yang diselenggarakan di Istana Wakil Presiden, Jakarta pada Kamis (29/12/2022).

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

Dinyatakan sebagai Green Leadership Utama karena dinilai telah berhasil mengelola energi baru terbarukan, mengelola air secara bertanggung jawab dan tersedia untuk semuanya, mengelola sumber daya alam serta masyarakat yang terkena dampak dari aktivitas produksi dan jasa, mengelola limbah dengan baik, lingkungan bebas dari pencemaran, membangun fisik infrastruktur untuk menjaga kesehatan ekosistem dan komunitasnya, serta memenuhi kebutuhan masyarakat dibidang kesehatan, memperlakukan secara adil dan tidak diskriminasi

Penganugerahan PROPER Emas dan Green Leadership ini diberikan langsung oleh Wakil  Presiden KH Ma'ruf Amin didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2022). Dalam penganugerahan ini, Pertamina grup meraih 20 penghargaan PROPER Emas dari total 51 perusahaan.

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, penghargaan PROPER ini ditujukan untuk mendorong setiap aktivitas bisnis industri bukan hanya sekedar pemenuhan ketaatan peraturan lingkungan hidup, tetapi juga untuk melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan ekonomi hijau.

“Saya ucapkan selamat kepada perusahaan penerima Anugerah PROPER terutama peringkat Emas dan para CEO yang menerima penghargaan Green Leadership. Kinerja perusahaan yang menerima PROPER Emas ini terbukti menjadi yang terdepan dalam pengelolaan lingkungan. Para CEO ini adalah inspirasi dan motivasi bagi perusahaan lain untuk melakukan hal serupa dalam rangka memuliakan Indonesia sebagai bangsa yang disegani dunia dan berhasil dalam mengelola lingkungan hidup lestari,” ujar Ma'ruf Amin.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan, terdapat 3.200 unit entitas perusahaan yang mengikuti ajang ini dengan berbagai peringkat, di antaranya 51 perusahaan Peringkat Emas, 170 perusahaan Peringkat Hijau, 2031 perusahaan Peringkat Biru, 887 perusahaan peringkat Merah, 2 perusahaan peringkat Hitam, dan 59 perusahaan tidak dapat diumumkan karena masih dalam proses penegakkan hukum dan tidak lagi beroperasi. 

“PROPER adalah program pemerintah terhadap kinerja lingkungan perusahaan atas upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Penilaian PROPER dilakukan oleh dewan pertimbangan PROPER yang imparsial yang independen beranggotakan akademisi dan tokoh masyarakat. Dengan variabel penilaian yang berkembang dari waktu ke waktu, dari tahun ke tahun yang ditetapkan dan disusun secara konseptual, menghasilkan para penerima pada hari ini. Selamat kepada penerima, semoga bisa semakin menginspirasi bagi perusahaan lain,” jelasnya.

Corporate Secretary Pertamina Brahmantya Satyamurti Poerwadi mengatakan, keberhasilan Pertamina memborong 20 PROPER Emas ini merupakan wujud dari komitmen Pertamina menjalankan usaha yang berbasis pada kepedulian lingkungan. Dia menambahkan, raihan ini juga jadi bentuk apresiasi dan motivasi untuk anak usaha maupun unit operasi Pertamina yang lain untuk terus meraih penghargaan PROPER Emas di waktu mendatang.

"Tentunya penghargaan ini menjadi bukti komitmen Pertamina dalam menjalankan usaha berbasis pada lingkungan dan menerapkan konsep green industry. Penghargaan ini juga bisa menjadi daya tarik dan kepercayaan kepada investor untuk menjalankan bisnis bersama Pertamina secara Green untuk perkembangan dunia usaha ke depan, tidak mengurangi emisi dan bagaimana kita mendukung program-program hijau pemerintah," jelas Brahmantya.

Berikut Daftar Pertamina Group yang Mendapat PROPER Emas
1. PT Kilang Pertamina Internasional Refenery Unit 3 Plaju. 
2. PT Pertamina Geotermal Energi Area Ulubelu
3. PT Pertamina EP Asset 1 Field Rantau
4. PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus DPPU Ngurah Rai
5. PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT Fuel Rewulu
6. PT Pertamina Geotermal Energy Area Kamojang
7. PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT DPPU Adi Soemarmo
8. PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT Fuel Terminal Boyolali 
9. PT Kilang Pertamina Internasional Refenery Unit 7 Kasim 
10. PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT Fuel Terminal Maos 
11. PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT Integrated Terminal Semarang
12. PT Pertamina Hulu Energy West Madura Offshore 
13. PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur daerah operasi bagian selatan
14. PT Pertamina Hulu Sanga Sanga
15. PT Badak NGL
16. PT Pertamina Gas Area Kalimantan SKG Bontang
17. PT Pertamina Asset 5 Field Bunyu
18. PT Pertamina Asset 5 Field Tarakan
19. PT Kilang Pertamina Internasional Refenery Unit 2 Produksi Sungai Pakning
20. PT Polytama Propindo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya