Asistensi Ekspor Jadi Jalan Usaha Lokal Tembus Pasar Internasional

Asistensi ekspor diberikan Bea Cukai Ambon kepada UMKM
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Asistensi bagi para pelaku usaha dalam negeri untuk dapat melakukan ekspor secara konsisten dilakukan Bea Cukai. Kali ini asistensi ekspor diberikan oleh Bea Cukai Ambon kepada UMKM Mie Sehat Cempaka dan Bea Cukai Meulaboh kepada para partisipan di acara Bumoe Teuku Eumar Expo 2023.

Hari Kartini, Perempuan Bisa Dapat Bunga Kredit BCA 3 Persenan

Tim Dukung Ekspor Bea Cukai Ambon berkesempatan mengunjungi UMKM Mie Sehat Cempaka pada Selasa (10/01). UMKM ini memproduksi mie sehat berbahan baku sagu dan sudah aktif mengikuti acara pameran di luar kota Ambon, seperti Makassar dan Jakarta. Selain mie, UMKM tersebut juga memproduksi stik sagu dan jus gandaria yang merupakan buah asli daerah Ambon.

Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, R Teddy Laksmana, mengungkapkan, “meskipun produk UMKM Mie Sehat sudah menembus pasar internasional, namun cakupan pemasarannya masih sebatas saat adanya pameran atau tamu dari negara asing yang berkunjung,” ungkapnya.

Bea Cukai Ajak Masyarakat Berantas Rokok Ilegal di Jember dan Banyuwangi

Oleh karena itu, dalam kunjungan yang dilaksanakan, Tim Dukung Ekspor berupaya mengasistensi prosedur ekspor dan menyiasati kendala yang dialami UMKM Mie Sehat dalam melakukan ekspor nantinya. 

Sementara itu di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Bea Cukai Meulaboh memberikan asistensi prosedur ekspor dalam kegiatan “Bumoe Teuku Umar Expo 2023”. Kegiatan tersebut mengusung tema “Mendorong Pengembangan Destinasi Wisata Lokal dan Ekonomi Kreatif Untuk Membangkitkan Ekonomi Daerah (Menghadirkan Aceh Barat dalam Satu Ruang yang Berbeda)”.

Permudah Layanan Perusahaan KITE, Bea Cukai Banten Luncurkan SIAP KABAN

Selain memberikan informasi kepabeanan kepada para pelaku UMKM dalam acara tersebut, Bea Cukai Meulaboh juga membuka pojok konsultasi terkait registrasi IMEI, impor barang kiriman, informasi terkait rokok ilegal, dan fasilitas kepabeanan. Bea Cukai secara aktif memberikan informasi terkait kepabeanan terutama di bidang ekspor kepada UMKM dengan harapan semakin banyak UMKM yang terdorong untuk melakukan ekspor.

VIVA Militer: Anthony Blinken dan Benjamin Netanyahu

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Pertempuran antara Israel dan Palestina di wilayah Gaza, yang diikuti oleh serangan yang dilancarkan oleh Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024