Cara Mengisi Daya Baterai Sepeda Listrik

Sepeda listrik Selis
Sumber :
  • VIVA/Dian Tami

VIVA – Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak transportasi yang diproduksi dengan memanfaatkan daya listrik. Salah satunya adalah sepeda listrik yang bahkan bisa Anda dapatkan secara online di Shopee.

7 Cara Ampuh Hemat Baterai HP Android agar Tahan Lama

Anda bisa membeli sepeda listrik dan mendapatkan voucher bebas ongkir. Tentu ini hal yang menarik bukan? Namun, sebelum Anda membeli sepeda listrik, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu tentang sepeda listrik, cara kerjanya, dan cara mengisi dayanya.

Apa Itu Sepeda Listrik?
Sepeda listrik ialah sepeda biasa yang mempunyai beberapa komponen kelistrikan yang bisa bergerak dengan tenaga listrik. Berbeda dengan sepeda biasa yang mengandalkan tenaga manusia, sepeda ini disebut sebagai inovasi dari sepeda biasa.

Miliki Sepeda Termurah di Nomor Omnium Olimpiade Paris 2024, Bernard Van Aert Tak Silau Lihat Lawan

Sepeda listrik juga biasa disebut sebagai e­-bike atau powerbike. Terdapat komponen kelistrikan di dalamnya seperti mesin, baterai, kabel, dan pengontrol.

Komponen­-komponen tersebut yang menghasilkan daya listrik untuk dapat menggerakkan sepeda tanpa dikayuh oleh penggunanya. Namun, Anda juga tetap bisa menggunakannya secara manual dengan cara dikayuh seperti biasa.

3 Kendaraan Listrik Baru Mengaspal di Jakarta Fair Kemayoran 2024

Cara Menggunakan Sepeda Listrik
Ketika Anda sudah memiliki sepeda listrik, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu petunjuk penggunaannya. Walaupun sepeda ini memiliki operasi yang mudah digunakan, tetapi jangan sampai Anda mengalami hal yang tidak diinginkan hanya karena salah mode operasinya.

Terdapat beberapa mode operasi yang bisa Anda pilih. Berikut merupakan penjelasannya.

1. Hanya Pedal
Mode operasi yang satu ini adalah mode dimana Anda sebagai penggunanya dapat menggunakan sepeda dengan cara dikayuh seperti biasa. Tidak ada bedanya dengan penggunaan sepeda biasa.
Biasanya sepeda yang memiliki opsi ini telah dilengkapi dengan 3 gigi, 8 gigi, atau drive train internal N360 yang memberikan gigi tidak terbatas.

2. Mode Listrik
Mode sepeda listrik ini biasa juga disebut sebagai pedal assist. Pengguna bisa mendapatkan manfaat dari gabungan tenaga manusia dengan tenaga listrik. Saat awal pengoperasian, dilakukan dengan menekan tombol On/Off pada stang sepeda.

Nantinya, sepeda listrik tersebut akan memberikan tenaga listrik saat Anda mengayuhnya secara perlahan. Persneling sepeda listrik dapat diubah saat medan jalan berubah, untuk memanfaatkan lebih kecepatan atau torsi yang lebih cepat.

3. Hanya Elektrik
Terakhir, ada mode hanya elektrik. Pada mode ini, Anda tidak perlu terlalu banyak mengeluarkan tenaga saat menggunakannya, bahkan Anda bisa beristirahat sejenak.

Penggunaan mode ini memungkinkan Anda tetap berjalan di sepeda tanpa harus mengayuh sepeda. Untuk menggunakan mode ini, Anda hanya perlu memutar throttle yang ada pada stang sepeda di sebelah kiri. Lalu, mesin akan mati secara otomatis dan mengambil alih.

Cara Mengisi Daya Baterai Sepeda Listrik
Apabila Anda sudah memiliki sepeda listrik dan menggunakannya, mungkin Anda akan menemukan kondisi dimana baterai sepeda Anda habis atau melemah. Anda perlu melakukan pengisian daya agar sepeda listrik Anda tetap bisa digunakan.

Di bawah ini merupakan langkah­langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengisi daya baterai sepeda listrik.

? Pertama, lepaskan aki atau baterai dari sepeda
? Kedua, colokkan ujung adaptor ke baterai/aki
? Lalu, letakkan sepeda pada posisi yang aman dan jauh dari jangkauan anak­anak
? Colokkan jek ke stop kontak
? Kemudian, tunggu saja sampai lampu indikator berwarna hijau, itu tandanya baterai sudah penuh. Jika masih berwarna merah, berarti masih proses pengisian daya
? Setelah sudah mengisi daya, pasang kembali baterai ke badan sepeda listrik. Selesai.

Dari uraian di atas, kini Anda sudah mengetahui tentang sepeda listrik dan beberapa mode yang dimilikinya. Anda juga dapat melakukan pengisian daya baterai sepeda listrik dengan mudah dimana saja. Sebab, Anda hanya perlu mengisi daya sama seperti kebanyakan alat elektronik dengan baterai lainnya.

Anda bisa mendapatkan sepeda listrik berkualitas dengan harga terjangkau di Shopee. Di Shopee, Anda pun bisa berkesempatan mendapat gratis ongkir, cashback, atau potongan harga. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja buka aplikasi Shopee dan telusuri sepeda listrik incaran Anda!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya