Bea Cukai Lepas Dua Ekspor Perdana Komoditas Damar Ke Pasar India

Bea Cukai Ambon melepas ekspor perdana Komoditas Damar
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Berikan pelayanan dan pendampingan optimal kepada para pelaku usaha di berbagai wilayah di Indonesia, Bea Cukai kembali berhasil mengantar dan melepas ekspor perdana komoditas damar menuju pasar India. Ekspor perdana kali ini dilakukan oleh dua perusahaan berbeda dari wilayah berbeda, masing-masing dari Ambon dan Banjarmasin.

Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Warganet: Perhitungan dari Mana?

Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan bahwa dua ekspor perdana ini cukup istimewa, karena dilaksanakan bertepatan dengan Hari Pabean Internasional yang diperingati pada Kamis, 26 Januari 2023. “Ini awal yang baik untuk melanjutkan dan meningkatkan ekspor lainnya di tahun 2023,” ujarnya.

Dari Ambon, Bea Cukai Ambon berhasil melepas ekspor perdana komoditas damar milik CV Buana Nagata Adiguna ke India. Pelepasan ini turut dihadiri oieh beberapa pihak yang juga berperan dalam ekspor ini, seperti Disperindag Prov. Maluku, Dinas Kehutanan Prov. Maluku,   GM Pelindo Ambon, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Ambon, dan BKIPM Ambon.

Bea Cukai Gelar Sosialiasi Cukai di Bogor dan Banjarmasin

“Dalam ekspor perdana ini, CV Buana Nagata Adiguna berhasil mengekspor damar sebanyak 15.015 Kg yang dimuat dalam kontainer yang sebelumnya akan dikirim ke Tanjung Perak, Suarabaya. Perlu diketahui bahwa dalam ekspor ini, negara berhsail meraup devisa hasil ekspor sebesar USD24.780,45,” terang Hatta.

Serupa, Bea Cukai Banjarmasin juga berhasil melepas ekspor perdana komoditas batu damar milik PT Global Utama Kalimantan ke India. PT Global Utama Kalimantan merupakan salah satu UMKM yang berlokasi di Kuala Pembuang, Seruyan, Kalimantan Tengah. Pelepasan ekspr dilaksanakan di Terminal Peti Kemas Trisakti Banjarmasin.

Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Kepabeanan bersama KSOP dan TNI AL

“Selain Bea Cukai Banjarmasin, dalam pelepasan ekspor ini turut dihadiri oleh dari Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan (Kalbagsel), Pemda setempat, dan  perwakilan Bank Syariah Indonesia (BSI).”

Bea Cukai berharap ekspor perdana ini akan berjalan terus dan berkesinambungan ke depannya.

“Kami berkomitmen memberikan  pelayanan yang prima demi tercapainya peningkatan ekspor dari berbagai wilayah di Indonesia, sehingga dapat membantu peningkatan kualitas perekonomian nasional,” pungkas Hatta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya