Optimis Tercapai, Grup MIND ID Targetkan Net Zero Emition di Holding Tambang pada 2060

Economic Outlook 2023
Sumber :
  • INALUM

VIVA – Holding Industri Pertambangan atau MIND ID berkomitmen untuk terus mengejar capaian dalam mewujudkan Net Zero Emition dalam setiap ruang lingkup operasional Anggota Holding dengan melakukan program-program strategis berkelanjutan. Hal tersebut disampaikan dalam helatan Economic Outlook 2023 yang berlangsung di JS Luwansa, Jakarta Selatan (12/02)

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Direktur Operasi dan Portofolio menyebut bahwa Grup MIND ID secara tegas berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah Indonesia terkait Net Zero Emissions 2060. Komitmen tersebut diwujudkan dalam beberapa komitmen konkret dalam tiga pilar utama Grup MIND ID yang merupakan hasil elaborasi dari SDG's 2030. 

"Dalam mendukung komitmen pemerintah Indonesia dalam Net Zero CO2 Emision 2060, MIND ID Grup berkomitmen untuk melakukan strategi transisi energi yang berbasis pada 3 pillar yaitu To Prevent, To Reduce, To Mitigate. Selain itu kita juga mengeksplorasi setiap pilar dari SDG's dan melihat berbagai kemungkinan untuk kita elaborasi ke dalam program-program di setiap grup terutama investasi-investasi yang mendukung hilirisasi dan energi yang berkelanjutan," ujar Danny. 

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

MIND ID memiliki 3 program pillar yaitu To Prevent yaitu melakukan investasi, menyediakan infrastruktur, dan melakukan improvisasi pengurangan karbon dalam setiap rantai usaha; sementara To Reduce yaitu melakukan pembatasan emisi dengan secepat mungkin; dan terakhir To Mitigate yaitu mengolah kembali setiap residu yang dihasilkan. Maka dengan tiga pilar tersebut, Grup MIND ID optimis bisa mewujudkan Net Zero Emission pada tahun 2060, sesuai dengan rencana Pemerintah Indonesia. 

Namun Danny tidak memungkiri bahwa optimisme tersebut bisa terwujud hanya dengan kolaborasi lintas sektor karena Net Zero Emission haruslah didukung oleh regulasi, teknologi, dan kemauan setiap entitas industri untuk berkolaborasi. Tiga hal tersebut dikatakan oleh Danny bisa menciptakan ekosistem industri yang kondusif sehingga investasi dan pengembangan usaha bisa terus berjalan. 

Bahlil Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Tony Blair: Energi Baru hingga IKN

"Menuju Net Zero Emision 2060 tantangannya sangat besar dan tentu saja sangat berat untuk bisa mewujudkan komitmen tersebut. Namun kita bisa melihat bahwa semua pihak dan semua sektor harus berkolaborasi secara sinergis dan holistik, karena tidak bisa semangat ini terwujud kalau kita semua bergerak sendiri-sendiri. Karena dengan kolaborasi, kita bisa menjaga dua sisi yaitu harus tetap menjaga investasi dan mewujdukan hilirisasi. Oleh karena itu, kita harus siapkan Indonesia menjadi sebuah ekosistem yang kondusif namun tetap peduli pada lingkungan," tambah Danny. 

Komitmen Grup MIND ID dalam hal Net Zero Emission dan Energi Terbarukan menjadi bagian dari visi besar SDG's Grup MIND ID. Dengan visi Good Mining Practices for Sustainability Pathways, MIND ID memiliki 6 aspek utama dalam hal pengelolaan SDG's 2030 yaitu: Pengelolaan dan Transformasi Energi; Pengelolaan Air; Praktik Penambangan yang Baik; Pengelolaan Sampah; Pengelolaan Limbah dan Polusi; dan Penciptaan Ekosistem Industri yang Bermanfaat untuk Masyarakat. Keenam aspek ini diadopsi dan disesuaikan dengan karakteristik dari Anggota Holding Grup MIND ID di seluruh kawasan operasional.

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Selain Indonesia, tahun 2024 akan ada 64 negara yang juga menyelenggarakan pemilu. Sebagian besar Pemilu 2024 akan terjadi di Benua Eropa, dimana akan ada 19 negara yang

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024