Wujudkan Akselerasi Ketahanan Pangan, Wamentan Tanam Padi dan Panen Jagung di Padang Pariaman

Wamentan tanam padi dan panen jagung di Padang
Sumber :
  • Kementan

VIVA – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menggelar penanaman padi sekaligus panen jagung di Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Kegiatan ini merupakan rangkaian kerja pemerintah dalam meningkatkan produksi nasional.

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

"Kegiatan ini dalam rangka mengakselerasi ketahanan pangan nasional, utamanya peningkatan produksi padi dan jagung," ujar Wamentan, Kamis, 23 Februari 2023.

Menurutnya, Pariaman merupakan wilayah subur yang memiliki potensi besar dalam menopang pangan nasional. Apalagi, produktivitas di sana terbilang tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Keluarga SYL Terungkap Ikut Nikmati Uang Korupsi di Kementan, KPK Bilang Begini

"Provinsi Sumatera Barat selama ini ikut andil dalam menggiatkan ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan," katanya.

Sekedar informasi, luas tanam padi yang digarap mencapai 2000 hektare dengan rata-rata produktivitasb7 ton per ha.

Harga Pangan Naik Gegara Perang Israel Vs Iran?

Selain tanam dan panen, Wamentan juga turut menyerahkan sejumlah bantuan kepada kelompok tani setempat. Bantuan tersebut berupa benih unggul, rehabilitasi jaringan irigasi tersier, Padi Biofortikkasi untuk 500 hektar, corn seller 5 unit, TR2 1 unit, Vultivator 2 unit dan pompa air sebanyak dua unit.

"Bantuan ini adalah bentuk investasi dari Kementan untuk meningkat produktifitas tanaman padi itu nantinya. Melalui bantuan ini saya berharap bisa memudahkan para petani bekerja dan memacu gairah petani untuk berkreasi," katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan terimakasih atas dukungan dan bantuan pemerintah pusat dalam mengembangkan sektor pertanian di wilayah kerjanya. Dia berharap, bantuan sarana dan prasarana pertanian tersebut dapat mendukung peningkatan produksi padi di daerahnya.

"Semoga kedatangan Wamentan di tengah kita ini bisa membawa berkah dan terus memajukan pertanian Padang Pariaman," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya