Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Radio FM, Radio Online, dan Radio Digital

ilustrasi anak dengarkan radio
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Jika berbicara mengenai media massa, maka akan terbagi menjadi dua yaitu media cetak seperti koran atau majalah dan media elektronik seperti televisi dan radio. Radio merupakan jenis media massa yang sudah ada cukup lama dan masih bertahan hingga kini. Bahkan, radio memiliki peranan penting dalam menyebarkan kabar kemerdekaan bangsa Indonesia.

Hari Raya Nyepi 2024, Pemprov Bali Matikan Layanan Data Seluler dan IPTV

Karena punya format audio atau suara, radio jadi sumber informasi yang mudah untuk dinikmati, jadi tidak heran jika masih banyak peminat radio. Agar dapat mengikuti perkembangan zaman, radio saat ini juga tersedia secara online. Ada banyak radio online Indonesia yang bisa Anda dengarkan dengan mudah. Selain radio online, ada juga radio digital dengan kualitas suara yang lebih jernih.

Agar tidak bingung, berikut ini perbedaan antara radio FM, radio online dan radio digital.

Viral di Medsos, Yuk Intip 4 Fakta Menarik Drakor Night Has Come

Perbedaan Radio FM, Radio Online, dan Radio Digital
1. Radio FM
Radio FM merupakan salah satu jenis radio yang sudah ada sejak lama. Radio FM inilah yang sering Anda dengar baik di mobil ataupun menggunakan radio lawas. Pertama kali dikembangkan dan ditemukan oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1895, radio terus berkembang dan bertahan hingga kini.

Radio FM atau disebut juga radio analog bekerja di frekuensi FM (Modulation Frequency), setelah sebelumnya bekerja di frekuensi AM (Amplitude Modulation). Frekuensi AM dinilai tidak stabil dan tidak bisa ditangkap dari jarak jauh, sehingga akhirnya dikembangkanlah radio yang bekerja di frekuensi FM.

Vidio: Memimpin Era Baru Streaming Indonesia di Tengah Tantangan Ekonomi Global

Singkat cerita, akhirnya radio FM menjadi salah satu jenis media elektronik yang besar. Walaupun banyak disukai, namun radio FM tetap punya kendala di bagian kualitas frekuensi. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan siaran radio dengan kualitas yang kurang baik. Kualitas yang kurang baik tersebut disebabkan oleh sinyal FM yang sangat bergantung dengan posisi dan juga cuaca. Jika berada di posisi yang jauh seperti pegunungan, atau cuaca sedang hujan, tidak jarang kualitas siaran radio akan terganggu.

Walau begitu, sistem radio FM masih banyak ditemukan hingga kini, salah satunya adalah di mobil. Beberapa stasiun radio besar di Indonesia juga masih mengudara di frekuensi FM ini, seperti radio Prambors, Mustang FM, Gen FM, dan masih banyak lagi.

2. Radio Digital
Mengikuti perkembangan zaman, radio pun mengadopsi teknologi terbaru dan jadilah radio digital. Radio digital merupakan radio yang menangkap dan menyiarkan siaran atau suara melalui frekuensi digital, tidak lagi melalui frekuensi AM/FM. Konsepnya sama dengan perbedaan TV analog dan TV digital.

Sehingga, suara yang dihasilkan dari radio digital jauh lebih jernih dan lebih baik dibandingkan radio AM/FM. Alasannya, kualitas suara dari frekuensi digital yang ditangkap oleh radio ini tidak akan terganggu oleh lokasi ataupun cuaca. Penggunaan radio digital juga lebih mudah jika dibandingkan radio AM/FM.

Salah satu negara yang sudah menggunakan radio digital ini adalah Norwegia. Pada tahun 2017, Norwegia resmi memutus siaran radio FM dan menggantikannya dengan radio digital atau disebut dengan Digital Audio Broadcasting (DAB). Menurut pemerintah Norwegia, radio digital memiliki kualitas suara dan punya fungsi baru yang lebih baik. Walaupun mengandung nama “digital”, untuk mendengarkan siaran radio dari radio digital tidak membutuhkan internet, sama seperti radio AM/FM.

3. Radio Online
Perkembangan smartphone semakin maju dan membuat hal di sekitarnya pun ikut berkembang, termasuk radio. Agar dapat menjangkau pendengar yang lebih luas, maka beberapa stasiun radio menyediakan radio online atau dikenal juga dengan nama streaming. Berbeda dengan dua jenis radio sebelumnya, radio online ini hanya bisa bekerja saat perangkat Anda terhubung ke internet.

Jadi, Anda baru bisa melakukan streaming atau mendengarkan siaran radio saat terhubung ke internet saja. Radio online ini bisa Anda dengarkan di berbagai perangkat, mulai dari smartphone, laptop, hingga tablet atau komputer jinjing. Layanan streaming radio online ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai siaran radio namun sudah tidak memiliki kotak radio lagi.

Untuk menikmati layanan streaming radio online, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Salah satunya adalah melalui Noice. Noice menyediakan beragam konten audio, mulai dari Podcast, Audiobook, Audioseries, dan tentu saja radio online. Ada banyak pilihan stasiun radio yang mengudara di Noice.

Caranya pun cukup mudah, Anda tinggal pilih stasiun radio yang ingin Anda dengarkan, dan otomatis Noice akan menyiarkan siaran radio tersebut secara online. Tidak hanya mudah, kualitas suara yang dihasilkan pun sangat jernih, sehingga Anda tidak perlu takut siarannya terganggu dan menimbulkan suara berisik.

Itu dia penjelasan mengenai perbedaan dari radio FM, radio digital, dan radio online. Anda bisa mendengarkan berbagai macam radio online Indonesia dengan mudah di Noice. Yuk, download aplikasi Noice sekarang dan dengarkan beragam konten audionya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya