Buka Festival TKM 2023, Menaker: Pemerintah Tingkatkan Kompetensi TKM Jadi Penyedia Lapangan Kerja

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah
Sumber :
  • Biro Humas Kemnaker

VIVA – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah membuka gelaran Festival Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Tahun 2023, di Lapangan Banteng Jakarta, Sabtu (11/3/2023). Festival yang mengusung tema Perempuan Mandiri Untuk Peradaban Indonesia ini berlangsung dari tanggal 11-12 Maret 2023.

Berikan Insentif Bagi Mitra Kerjanya, Menaker Ida Beri Apresiasi ke Perusahaan Aplikator

Dalam sambutannya, Menaker Ida mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan tidak akan pernah berhenti memfasilitasi peningkatan kompetensi para TKM, agar memiliki daya juang tangguh, berdaya saing serta mampu menjadi penyedia lapangan kerja secara berkelanjutan. 

Kemnaker Berikan Beasiswa Pendidikan Wujud Kepedulian Generasi Penerus Bangsa

"Kita semua diharapkan mampu menciptakan ekosistem kewirausahaan yang baik. Ini tanggung jawab yang membutuhkan keterlibatan semua pihak, dan yakinlah kontribusi kecil kita ini akan memberikan dampak luar biasa bagi pengembangan TKM," kata Menaker Ida.

Menaker mengemukakan, pihaknya terus melakukan dialog sosial dengan pengusaha, agar ketersediaan lowongan kerja di sektor formal tetap stabil dan inklusif. Sedangkan pada sektor informal, ia menyebut, Kemnaker telah melakukan langkah dalam bentuk stimulant pemberian bantuan usaha, salah satunya adalah bantuan bagi kelompok TKM yang termasuk Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM).

Kemnaker Peringati Nuzulul Quran, Menaker Ajak Pegawai Bekerja Secara Dinamis

"Saya tidak memungkiri, bahwa sektor UMKM bukan hanya sektor penahan bagi  perekonomian nasional, namun justru menjadi pilar penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia melewati krisis," ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam menciptakan wirausaha yang dapat menyeraptenaga kerja secara masif, produktifdan berkelanjutan, program TKM tentunya perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak.

"Kita semua memiliki peran penting dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia melalui penciptaan usaha yang  memberikan kontribusi ekonomi bagi diri sendiri, masyarakat, bahkan skala nasional,"pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya