Kemenag: Kampung Moderasi Gerakan Jangka Panjang

Kasubdit Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama, Amirullah
Sumber :
  • Dirjen Bimas Islam

VIVA – Kasubdit Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama, Amirullah, mengatakan program Kampung Moderasi Beragama yang digagas Kemenag merupakan gerakan jangka panjang. Hal itu disampaikannya saat memaparkan Outlook Program dan Kegiatan Subdit Penyuluh Agama Islam Tahun 2023 di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (14/3/2023). 

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

"Kampung moderasi beragama bukan program yang kita kerjakan sekali lalu selesai. Ini adalah gerakan yang panjang, bukan sekali kegiatan," ujarnya. 

Ia juga menyampaikan, program Kampung Moderasi Beragama tidak memiliki syarat khusus, namun dapat diterapkan di daerah yang homogen. 

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

"Jadi nanti ada aplikasi kampung Moderasi Beragama. Jadi penyuluh daerah melaporkan lewat aplikasi, berapa unsur yang terlibat, misal ada Ormas atau pemerintah desa, atau apapun yang membantu Kampung Moderasi Beragama," imbuhnya. 

Untuk diketahui, Kampung moderasi beragama adalah model kampung yang mengutamakan kolaborasi lintas unsur, lembaga, dan lapisan masyarakat. Tujuannya adalah memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, toleran, memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis desa atau kampung.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini
dr. Roy Panusuan Sibarani, Chief Officer dari Diabetes Initiative Indonesia

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Federasi Diabetes Internasional memperkirakan bahwa 783 juta orang di seluruh dunia akan hidup dengan diabetes pada tahun 2045.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024