Jelajah Danau Batur, Tempat Wisata dengan Pesona Eksotis di Bali

Danau Batur, Bali
Sumber :
  • Shutterstock

VIVA – Keindahan tempat wisata di Bali memang tidak ada duanya. Tidak heran jika provinsi ini kerap dipilih untuk destinasi liburan favorit masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Bahkan, tidak sedikit wisatawan asing yang menyebut Bali sebagai tempat wisata impian mereka.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Selain pantai-pantainya, salah satu tempat wisata eksotis yang punya pesona menakjubkan di Bali adalah Danau Batur yang terletak di kaki Gunung Batur. Lalu, apa saja daya tarik dari danau ini? Simak ulasan yang dirangkum dari Pegipegi berikut ini!

Dinobatkan Sebagai Danau Terbesar di Bali
Danau Batur atau yang populer juga dengan sebutan Danau Kintamani ini merupakan danau terbesar yang ada di Bali. Danau Batur sendiri berada pada ketinggian sekitar 1.050 meter di atas permukaan laut. Secara keseluruhan, danau ini memiliki luas mencapai 16 kilometer persegi dengan kedalaman sekitar 88 meter. Yang menarik, jika dilihat dari ketinggian, bentuk Danau Batur ternyata mirip seperti bulan sabit.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Selain memiliki bentuk yang unik, keistimewaan lain dari Danau Batur adalah panorama alam yang disuguhkan. Hanya dari tepi danau, Anda bisa melihat indahnya perpaduan panorama pegunungan dan perbukitan hijau. Semakin memesona dengan warna air yang bisa berubah karena mengandung senyawa belerang. Tidak ketinggalan, semilir angin yang sejuk hadir untuk menyempurnakan hari.

Punya Pesona yang Diakui Secara Global
Pesona Danau Batur ternyata sudah diakui secara global. UNESCO menetapkan kawasan ini sebagai Global Geopark Network atau Taman Bumi Global. Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan danau dan sekitarnya, tapi juga belajar banyak hal tentang geopark.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Selama di sini, Anda bisa menyalurkan hobi fotografi untuk memotret hal-hal unik dari berbagai sudut yang ada di Danau Batur. Jangan lewatkan juga kesempatan emas berburu momen sunrise dan sunset terbaik khas Pulau Dewata.

Berjarak Dekat dengan Desa Adat Trunyan
Di seberang danau atau tepatnya di sisi timur Danau Batur, ada satu kawasan yang menarik untuk dikunjungi. Namanya, desa adat Trunyan. Desa ini merupakan tempat tinggal warga Bali Mula atau Bali Aga, suku tertua di Bali. Desa Trunyan sendiri memiliki keunikan yang ‘tidak biasa’. 

Menurut info dari berbagai sumber, masyarakat Desa Trunyan tidak pernah mengubur jenazah orang yang sudah meninggal. Mereka cukup membungkusnya dengan kain putih, lalu diletakkan di atas tanah makam dan dibiarkan begitu saja. Meski begitu, Anda tidak akan mencium aroma bau menyengat saat tiba di Desa Trunyan. Itu karena keberadaan Pohon Taru Menyan hampir di setiap sudut desa. Jika ingin membuktikan langsung fenomena tersebut, Anda harus menyeberang dari Danau Batur ke Desa Trunyan menggunakan perahu kayu yang disewakan oleh penduduk setempat.

Itu dia deretan daya tarik yang bisa Anda temukan di objek wisata Danau Batur, Kintamani, Bali. Selain Danau Batur, Anda masih bisa menemukan banyak lagi tempat wisata hits yang tersebar di Pulau Dewata. Nah, sebelum berangkat ke Bali, Anda bisa beli tiket pesawat Jakarta Bali murah di Online Travel Agent seperti Pegipegi agar lebih mudah. Temukan juga tiket pesawat promo ke destinasi lainnya hanya di Pegipegi. Selamat liburan!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya