Komisi I Tinjau PTDI Guna Pastikan Ketersediaan Alpalhankam Didukung Industri Pertahanan

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Panitia Kerja BUMNIP (Panja Badan Usaha Milik Negara Industri Pertahanan) Komisi I DPR RI melakukan peninjauan ke PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk meninjau kinerja dan ekosistem industri pertahanan nasional. Wakil Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari menyampaikan kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka memastikan terpenuhinya ketersediaan dan kecukupan Alat Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam) yang didukung kemampuan Industri Pertahanan (indhan) demi terpenuhinya tanggung jawab penyelenggaraan perlindungan negara.

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

“Kami melakukan kunjungan ke PT. Dirgantara Indonesia. Di sini kita dijelaskan bagaimana kondisi, bagaimana sejarahnya PT. Dirgantara Indonesia dan sekarang ada tergabung dalam (BUMN) holding Defend ID. Kita mendapatkan gambaran yang sangat gamblang tentang keadaan Dirgantara Indonesia. Potensinya yang sangat besar dan saya kira prospek yang sangat menarik, sangat membanggakan prospeknya. Prestasinya juga sudah tidak tanggung-tanggung lagi. Saya kira ini merupakan industri pertahanan yang masuk dalam BUMN yang terbesar di Asia Tenggara,” ungkap Abdul Kharis Almasyhari kepada Parlementaria usai memimpin Kunjungan Kerja Spesifik di Bandung, Jawa Barat, Kamis, (06/04/2023).

PTDI sebagai satu-satunya perusahaan kedirgantaraan di Asia Tenggara memiliki kompetensi inti dalam desain dan pengembangan pesawat terbang, pembuatan struktur pesawat terbang, produksi pesawat terbang dan layanan pesawat terbang ringan dan menengah (sipil dan militer). Karena itu, Abdul Kharis optimistis PTDI ke depan akan mampu mengembangkan industri kedirgantaraan nasional.

Sekjen PDIP Ungkap Bupati Banyuwangi Diintimidasi yang "Diawali dengan Cerita Politik"

“Saya kira kita patut berbangga dengan potensi PTDI sebagai kedirgantaraan satu-satunya di Asia Tenggara ini karena akan sangat baik untuk mendukung Pertahanan dan mendukung Indonesia sebagai negara kepulauan. Kami Komisi I sangat mendukung pemberdayaan BUMNIP untuk pemenuhan kebutuhan-kebutuhan pertahanan negara,” ungkap Politisi Fraksi PKS itu.

Selain itu, Kunspik Panja BUMNIP Komisi I DPR RI ini juga mendorong agar perlu meningkatkan bisnis komersial melalui Komersialisasi Pesawat N219 dan peningkatan penjualan ke luar negeri/ekspor. Hal ini bertujuan untuk mendukung peningkatan industri pertahanan dalam negeri.

Israel vs Iran, Mana Lebih Unggul dalam Perlengkapan Militer?

“Selanjutnya, potensi-potensi ini saya kira akan bisa sangat bagus dipakai untuk mendukung Kementerian Pertahanan dan memang ternyata sudah masuk juga untuk kebutuhan komersil yang bisa digunakan oleh Pemerintah Daerah ataupun juga perusahaan komersil melalui produk terbarunya yaitu pesawat N219 buatan asli PTDI,” tutup Abdul Kharis.

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)

Alasan Yordania dan Arab Saudi Justru Bantu Israel Lawan Serangan Udara Iran

Konsulat Iran di Damaskus diserang Israel, Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal menuju Israel. Namun, Yordania dan Arab Saudi tampaknya menjegal serangan itu.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024