Perdana, 50 Ton Porang Asal Riau Tembus Pasar Tiongkok

50 Ton Porang Asal Riau Tembus Pasar Tiongkok
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Bea Cukai Pekanbaru menghadiri seremonial ekspor perdana PT Mitra Porang Nusantara (MPN) berupa serpih porang kering (konjac chips) sejumlah dua kontainer dengan berat lebih dari 50 ton. Kegiatan ini dilaksanakan di PT Mitra Porang Nusantara, Pinang Sebatang Barat, Perawang, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, pada Rabu (05/04). 

Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok

Kepala Bea Cukai Pekanbaru, Tommy Hutomo, menyampaikan bahwa 50 ton serpih porang kering ini akan diekspor menuju Tiongkok melalui pelabuhan Pelindo Perawang, di bawah pengawasan Kantor Bea Cukai Pekanbaru.

“Bea Cukai Pekanbaru selalu terbuka bagi pelaku usaha yang ingin berkonsultasi terkait regulasi ekspor. Kami memiliki Klinik Ekspor yang siap membantu para pelaku usaha untuk melakukan ekspor,” ujar Tommy.

Bea Cukai Lakukan Uji Coba Modul Vehicle Declaration dalam Sistem CEISA 4.0

Tommy menjelaskan bahwa Klinik Ekspor adalah strategi Bea Cukai untuk memfasilitasi ekspor para pelaku usaha. Strategi yang dilakukan antara lain edukasi mengenai prosedur ekspor, pemahaman literasi mengenai peraturan dan ketentuan terkait ekspor, asistensi sebagai upaya memberi solusi atas kendala yang dialami pelaku usaha, dan koordinasi dengan kementerian/lembaga dan instansi daerah terkait.

“Kami sangat mengapresiasi ekspor perdana PT MPN karena dapat membuka akses pasar ke Tiongkok. Kami berharap ke depannya ekspor serpih porang dapat terus berlanjut,” pungkas Tommy.

Potret Layanan Ratusan Mitra Utama Bea Cukai Tanjung Priok
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyatakan, perekonomian Indonesia masih kuat di tengah meningkatnya ketidakpastian global.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024