Nggak Pakai Ribet, Printer Wireless Solusi Cetak untuk Kaum Rebahan

Printer Wireless Solusi Cetak untuk Kaum Rebahan
Sumber :
  • Canon Indonesia

VIVA – Pernah merasa bosan beranjak dari tempat tidur hanya untuk mencetak dokumen penting? Malas gerak bukan berarti produktivitas kita berkurang, karena sekarang sudah ada pilihan printer wireless untuk hidup lebih mudah dan nyaman. Sudah pernah dengar metode wireless printing belum?

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Kini, semua kemageranmu bisa teratasi dengan adanya printer wireless. Soalnya, kalau kamu memiliki printer wireless sendiri di rumah misalnya, kamu bisa mencetak dokumen apapun tanpa harus beranjak dari tempat tidur. Kini, kamu bisa tetap santai rebahan dan menikmati kemudahan mencetak dengan printer wireless.

Wireless printing adalah teknologi baru yang sudah mengubah seluruh industri percetakan. Kita bisa mencetak dokumen atau foto dari perangkat seperti komputer, smartphone, atau tablet tanpa harus terhubung secara fisik dengan printer. Printer ini memberikan kebebasan dan kenyamanan yang lebih besar. Ini juga sudah merombak cara kita mencetak dan membuat lebih mudah dan efisien bagi kita untuk menyelesaikan tugas cetak-mencetak.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Fun Fact #1: Sudah banyak printer wireless yang dilengkapi teknologi airprint bawaan, yang memungkinkan pengguna mencetak secara nirkabel dari perangkat Apple seperti iPhone dan iPad.

Salah satu perubahan besar yang dibawa oleh printer wireless adalah kemampuan untuk mencetak dari mana saja di ruangan atau bahkan dari jarak jauh. Tentunya, hal ini otomatis merombak tata letak ruangan kantor dimana printer biasanya terletak di satu area sentral dan hanya bisa diakses oleh orang atau divisi yang berdekatan.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Printer wireless juga mempermudah usaha kecil dan home office untuk mengatur penempatan printer. Kamu juga nggak perlu khawatir lagi masalah banyaknya kabel yang melilit atau mencari space untuk meletakkan printer, karena printer tanpa kabel bisa ditempatkan di titik mana saja di ruangan yang tersedia. Praktis, kan?

Fun Fact #2:  Beberapa seri printer wireless juga sudah compatible dengan berbagai layanan cloud / penyimpanan, seperti Google Drive atau Dropbox.

Koneksi jaringan yang stabil sangat penting untuk memfungsikan printer nirkabel dengan benar. Tanpa adanya koneksi yang stabil, printer wireless mungkin tidak bisa berkomunikasi dengan perangkat yang diperlukan untuk mencetak, misalnya dari smartphone. Hal ini dapat mengakibatkan kesalahan pencetakan, kecepatan cetak yang lambat, atau bahkan tidak bisa mencetak sama sekali.

Sebelum mencoba menyambungkan printermu ke jaringan nirkabel, periksa dulu ya apakah printer wireless-mu sudah memenuhi 2 syarat ini:

1. Pastikan kamu memiliki akses ke modem yang berfungsi sebagai koneksi Internet. Modem atau router ini harus berfungsi dengan baik sebelum kamu melanjutkan ke langkah berikutnya.
2. Pastikan kamu memiliki perangkat komputasi seperti PC, Tablet atau Smartphone yang berhasil terhubung ke Internet.

Untuk memastikan apakah komputer yang akan digunakan dengan pencetak telah terhubung ke jaringan, coba jelajahi situs Internet dari komputer. Kalau halaman web tidak muncul, atau kamu gagal tersambung ke Internet, berarti kamu belum bisa mendapatkan akses ke printer nirkabelmu.

Fun Fact #3: Printer wireless juga dapat dipasangkan dengan kata sandi untuk melindungi keamananmu agar tidak dipakai sembarangan oleh orang lain.

Jadi, penting ya untuk memastikan jaringan internet yang kamu gunakan stabil dan aman, dengan kekuatan sinyal kuat yang bisa menjangkau lokasi printer kamu. Caranya bisa dengan mengoptimalkan penempatan modem yang kamu miliki dan mengamankan jaringan WIFi dengan kata sandi yang kuat.

Jika kamu mengalami masalah dengan printer wirelessmu, akan sangat membantu untuk mencoba restart mesin printer dan router, atau untuk sementara beralih ke koneksi kabel jika memungkinkan.

Nah, kalau kamu ingin cetak tugas dengan mudah dari mana saja, printer tanpa kabel adalah pilihan yang cocok. Soalnya, kamu bisa mencetak dokumen dari jarak jauh, bahkan saat sedang rebahan di tempat tidur. Printer wireless juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang membuat dokumenmu tetap aman dari pengaksesan yang tidak dikenal. Semoga info ini membantu!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya