Pelatihan Kompetensi Ketenagalistrikan dan Kimia. Wagub : Setiap Guru Harus Miliki Modal dan Modul

Wakil Gubernur Kaltim, H Hadi Mulyadi membuka Pelatihan Kompetensi Guru
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi membuka Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim Tahun 2023 di Ballroom Crystal 2 Mercure Hotel Samarinda, Senin, 8 Mei 2023.

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Pelatihan gelaran Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) melalui Bidang Ketenagaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wagub Hadi Mulyadi didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Muhammad Kurniawan serta para nara sumber pelatihan.

Dalam kesempatan ini, Wagub Hadi Mulyadi mengungkapkan dirinya sangat bangga dan bahagia sebab bisa bertemu dan bertatap muka langsung dengan para guru dari kabupaten dan kota se Kaltim.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

"Bagi saya ini momen yang luar biasa bisa bertemu para guru dan guru bagi saya bukanlah hal biasa, sebab saya juga menjadi guru selama 25 tahun. Mengajar dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, SMP, SMA hingga dosen," ungkapnya.

Orang nomor dua Benua Etam ini pun memberikan motivasi sekaligus tambahan wawasan bagi para pengajar dari daerah ini dengan mengingatkan setiap guru harus memiliki Tiga M, yakni Modal, Modul dan Model.

Iskandar Sitorus Bongkar Ciri-ciri Artis P yang Terlibat Kasus Korupsi Rp4 Triliun

"Modul itu penguasaan materi mata pelajaran. Nah ini yang akan dipelajari bapak ibu disini," jelasnya.

Namun lanjutnya, tiga M ini sangat berkaitan dan ketika seorang guru tidak memiliki modal, modul dan model, maka akan banyak menghadapi kendala dalam mengajar.

"Tapi modal utama para guru, selain menguasai materi (modul), juga mengajar secara tulus ikhlas, mencintai pekerjaan dan mendoakan anak didiknya serta mempunyai cita-cita tulus," ulasnya.

Sedangkan model atau contoh, dimana para guru harus mampu membuat anak didiknya menyukai mata pelajaran yang diajarkan dengan memberikan pola pembelajaran yang menarik dan tidak membuat siswa bosan bahkan membenci mata pelajaran yang diajarkan.

"Jadi modelnya seorang guru adalah contoh atau menunjukkan dia peke?ja keras, kelihatan dari cara dia mengajar, menyiapkan materi serta kedisiplinannya, bukan kata-kata tapi perbuatan dan prilaku sehingga menggugah murid-muridnya menyukai dirinya bahkan mata pelajarannya," pungkas suami Hj Erni Makmur ini.

Kadisdikbud Kaltim Muhammad Kurniawan menyampaikan pelatihan untuk Peningkatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Kimia untuk jenjang SMA dan Mata Pelajaran Ketenagalistrikan untuk jenjang SMK se Provinsi Kaltim.

"Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kompetensi dan profesionalisme para guru SMA dan SMK agar mampu mengimplementasikan serta mempraktekkan mata pelajaran ketenagalistrikan dan kimia dalam proses belajar di kelas," ujarnya.

Pelatihan diikuti 110 guru dari kabupaten dan kota se Kaltim, terdiri guru kompetensi mata pelajaran ketenagalistrikan sebanyak 50 orang dan mata pelajaran kimia 60 orang.

Hadir para nara sumber dari Universitas Mulawarman Samarinda, Politeknik Negeri Samarinda dan pimpinan perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya