Gubernur Promosikan Souvenir Kayu UMKM Kaltim di Sao Paolo

Gubernur Kaltim H Isran Noor menyempatkan waktu berkunjung ke ITPC
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Selepas bertemu petani lokal dan organisasi nonpemerintah (NGO) yang mendampingi masyarakat kawasan Hutan Amazon, Gubernur Kaltim H Isran Noor menyempatkan waktu berkunjung ke International Trade Promotion Center (ITPC) Sao Paolo di AV. Marques de Sao Vincente 1619 - Conj 2521 Barra Funda, Sao Paolo, Brasil, Senin (8/9/2023).

Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 1,4 Triliun Kuartal I-2024

Gubernur Isran Noor disambut langsung oleh Kepala ITPC Sao Paolo Donny Tamtama dan wakilnya, Sri Sapto Bima Haryana.

Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) itu berharap agar ITPC Sao Paulo dapat membantu promosi perdagangan Kaltim, terlebih dalam beberapa tahun ke depan Kaltim akan berubah menjadi ibu kota Indonesia, Ibu Kota Nusantara (IKN).

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

"Lewat Pak Donny, saya mohon agar Kaltim bisa dibantu lebih banyak promosi di Brasil. Apalagi Kaltim sudah ditetapkan jadi ibu kota negara," pinta Gubernur Isran Noor kepada Kepala ITPC Sao Paulo Donny Tamtama.

Bukan hanya promosi IKN, Gubernur pun menjajaki peluang kerja sama bisnis dan ekspor Kaltim ke Brasil. Gubernur sangat berharap ada peningkatan ekspor terutama dari produk-produk khas UMKM Kaltim.

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

"Misal seperti produk-produk souvenir yang terbuat dari kayu dan peralatan rest room untuk rumah tangga, restoran dan hotel yang juga berbahan kayu dengan harga yang kompetitif," jelas Gubernur.

"Pak Kepala, mungkin nanti bisa kami dibantu untuk ikut serta dalam expo produk Kaltim di Brasil," harap Gubernur.

Ekspor Kaltim sendiri sepanjang tahun 2022 lalu sebesar USD 147,8 juta atau setara dengan Rp2 triliun. Ekspor ini berasal dari produk palm oil sebanyak 130.339,65 ton.

"Tentu kami berharap ekspor Kaltim ke Brasil akan lebih besar dan lebih variatif lagi. Selain palm oil atau minyak sawit, terutama juga produk UMKM kita," tutupnya.

Sementara Kepala ITPC Sao Paulo Donny Tamtama menjelaskan lembaganya merupakan perwakilan Kementerian Perdagangan RI yang membantu urusan promosi dalam naungan KBRI Brasil.

"Benar Pak Gubernur, fungsi kami adalah menjembatani," kata Donny Tamtama.

Menjembatani hubungan dagang antara Indonesia dengan Brasil, khususnya fasilitasi melalui pemberian layanan informasi terkait peluang bisnis di Brasil kepada para eksportir Indonesia. Sebaliknya juga, pemberian layanan informasi mengenai potensi produk ekspor Indonesia kepada importir Brasil serta bekerjasama dengan pemangku kepentingan terkait lainnya.

"Kami melakukan promosi produk ekspor Indonesia secara rutin baik online maupun offline, antara lain berupa fasilitasi pelaku usaha Indonesia dalam keikutsertaan di kegiatan promosi dagang (pameran) berskala internasional di Brasil, permanent display room produk ekspor Indonesia di kantor ITPC São Paulo serta promosi di media sosial milik ITPC Sao Paulo," urai Donny.

Selain itu, secara berkala mereka juga melakukan forum bisnis dan pertemuan dengan pelaku/asosiasi bisnis di Brasil.

Pun melakukan fasilitasi business matching antara pelaku usaha Indonesia dan Brasil serta menyediakan situs ITPC Sao Paulo yang dapat di akses oleh para pelaku usaha Indonesia maupun Brasil sebagai sumber informasi perdagangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya