Anggota DPR Minta Polisi RW Jalankan Tugas Sesuai Koridor Hukum

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyoroti keberadaan Polisi RW yang dicanangkan Polri. Dia meminta keberadaan Polisi RW dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan koridor hukum dan HAM.

BTN Ajak Nasabah Tempuh Jalur Hukum Tuntaskan Kasus Dugaan Penipuan

Dia menilai pada dasarnya program Polisi RW sangat baik dan inovatif, ada polisi di luar dari Bhabinkamtibnas yang langsung terjun di masyarakat. 

"Namun dalam prosesnya di lapangan nanti, saya meminta agar personil polisi RW ini berhati-hati dan menjalankan tugas sesuai koridor kumham. Artinya jangan sampai terjadi penyelewengan yang justru mencoreng nama Polri di masyarakat," kata Sahroni di Jakarta, Jumat.

Ban Mobil Dicuri saat Parkir di Mal Jakpus, Polisi Kejar Pelaku

Sahroni mengingatkan para Polisi RW nantinya akan menjadi "ujung tanduk" dari hubungan Polri dan masyarakat. Karena itu dia mengingatkan agar para Polisi RW harus betul-betul menjalankan tugas untuk mengayomi dan melayani masyarakat.

“Nantinya, mereka yang akan sering berhubungan dengan masyarakat, jadi para polisi ini harus betul-betul bisa menjaga marwah Polri," ujarnya.

Kondisi Terkini Suami Mutilasi Istri di Ciamis Sudah Tidak Ngamuk Lagi

Politisi Partai NasDem itu mengingatkan bahwa jangan sampai keberadaan Polisi RW justru mencoreng reputasi Polri yang saat ini sedang membaik. 

Dia menegaskan bahwa Polisi RW harus benar-benar fokus pada mengayomi dan melayani masyarakat, tidak boleh ada tindakan macam-macam.

Kampanye Akbar Prabowo-Gibran, Pesta Rakyat Untuk Indonesia Maju

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Peneliti senior politik BRIN Siti Zuhro mengatakan partai politik yang bertindak sebagai oposisi masih diperlukan dari perspektif demokrasi dan ketatanegaraan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024