Negosiasi Salmon Panggang Ala Bank Dunia

Pertemuan Gubernur Kaltim dengan World Bank
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Kehadiran Gubernur Kalimantan Timur H Isran Noor di Washington DC, Amerika Serikat rupanya sudah cukup lama dinantikan para pejabat Kantor Pusat Bank Dunia (World Bank).

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Mereka juga tampak hangat menyambut kedatangan Gubernur Isran Noor yang saat ini dipercaya memimpin Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), alias gubernur para gubernur se-Indonesia.

Senior Practice Manager yang juga Kepala Unit Perubahan Iklim Bank Dunia Erwin De Nys menyambut hangat Gubernur Isran Noor bersama para pejabat World Bank lainnya.

Poster Nobar Timnas Indonesia Dipenuhi Foto Pejabat Jadi Sorotan Netizen

Tak seperti biasanya, para pejabat Bank Dunia itu menyambut Gubernur Isran Noor dengan sajian santap  siang  prasmanan ala World Bank. Pilihan menunya ada nasi putih, oseng brokoli dan ikan salmon panggang khas Amerika.

“Nasi putihnya enak sekali. Ikan salmonnya juga enak sekali. Gurih dan renyah,”  puji  Gubernur Isran kepada Senior Practice Manager Bank Dunia Erwin De Nys, Selasa (9/5/2023).

Kaum Mendang-mending Jangan Kaget dengan Harga Mobil Listrik BMW i5, Incar Pejabat dan Sultan

Usai santap siang, pertemuan dilanjutkan dengan diskusi dan pemaparan. Gubernur Isran Noor didampingi Staf Khusus Gubernur Kaltim untuk Perubahan Iklim dan Lingkungan Hidup Ir Stepi Hakim MEMD melaporkan  kemajuan pelaksanaan kegiatan penurunan emisi di Kaltim.

Gubernur juga menyampaikan bahwa uang muka pembayaran berbasis kinerja (result based payment) sebesar USD 20,9 juta, sebagian besar telah disalurkan ke Pemprov Kaltim termasuk tujuh kabupaten di Kaltim.  Yakni Paser, Penajam Paser Utara, Mahakam Ulu, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kertanegara dan Berau. Alokasi juga diberikan untuk Kota Balikpapan.

Dalam pertemuan yang digelar secara maraton selama dua hari itu (9-10 Mei 2023) turut mendampingi Gubernur Isran Noor, Sekretaris Pribadi Gubernur Kaltim Lenny Syafarina dan Ajudan Gubernur Kukuh Prianggoro.

Sementara pejabat Bank Dunia yang hadir antara lain Siet Meijer (Coordinator of the FCPF, FMT), Evanshainia Syiem (Carbon Finance Specialist), Julian Gonzalo Jimenez (Senior Carbon Finance Specialist) dan beberapa pejabat lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya