MTQ ke-44 Provinsi Kaltim Resmi Dibuka

Pembukaan MTQ ke-44 Provinsi Kaltim
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 Provinsi Kaltim 2023, dibuka resmi Gubernur Kaltim H Isran Noor yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekdaprov Kaltim HM Syirajudin, Selasa malam (16/5/2023). Pembukaan yang ditandai dengan pemukulan beduk itu, digelar di Halaman Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome Balikpapan.

Polri Bakal Pindahkan Personel ke IKN Mulai Pertengahan 2024

Dikatakan, MTQ adalah ajang lomba keagamaan yang harus dijaga kesuciannya, sekaligus pemicu semangat dan menumbuhkan motivasi untuk membaca, menghafal, mempelajari dan mengamalkan Al Qur'an sebagai pedoman keselamatan hidup di dunia dan akhirat.

Buka MTQ ke-38 Jabar, Pj Gubernur Bey: Simbol Kecintaan Umat Islam Terhadap Alquran

"Kita bangga dan bersyukur karena gairah membaca dan mempelajari Al Qur’an di dalam masyarakat semakin meningkat yang ditandai dengan tumbuhnya Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) yang diikuti oleh anak-anak usia dini, remaja hingga dewasa," kata Syirajudin.

Hal ini ujarnya perlu terus ditumbuhkembangkan agar Al Qur’an tetap terjaga dan generasi umat Islam mendatang menjadi insan-insan yang saleh dan salehah yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, karena senantiasa mencintai Al Qur’an.

Pj Gubernur Kaltim Dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan Unissula Semarang

"Dengan hikmah Al Qur;’an dan digelarnya MTQ ke-44 di Kota Balikpapan ini, kita berharap juga akan berdampak positif bagi terciptanya daerah kita yang aman dan damai," ujarnya.

Kepada seluruh Kafilah MTQ se-Kaltim, dia mengucapkan selamat datang dan selamat bermusyabaqah. Ikuti MTQ ini dengan baik, sesuai dengan peraturan dan ketentuan.

"Selamat bermusabaqah secara fair dan sportif. Jaga kesehatan, jaga kekompakan dan kebersamaan, persatuan dan kesatuan," pesan Syirajudin.

Ketua Panitia penyelenggara MTQ ke-44 Provinsi Kaltim H Rahmad Mas'ud, yang juga Wali Kota Balikpapan melaporkan MTQ pada tahun ini diikuti sebanyak 487 peserta dari kafilah perwakilan 10 kabupaten dan kota se-Kaltim.

Terdiri Kutai Kartanegara 144 orang, Samarinda 92 orang, Bontang 92 orang, Kutai Timur 55 orang, Berau 65 orang, Paser 53 orang, Penajam Paser Utara 88 orang, Kutai Barat 42 orang. Mahakam Ulu 18 orang dan Balikpapan 97 orang.

"Cabang yang dilombakan adalah Tilawah, Hifzh (hafalan), Fahmil Quran (cerdas cermat), Syarhil (seni deklamasi), Khattil (kaligrafi).dan musabaqah Al Hadits. Pelaksanaannya mulai 14 Mei sampai 21 Mei 2023 dan Majelis musabaqah di 10 tempat," ungkap Rahmad Mas'ud.

Tampak hadir pada malam itu Prof Said Aqil Husein Al Munawwar yang juga Pengurus Pusat LPTQ, Kakanwil Kementerian Agama Kaltim H Abdul Kholiq, Ketua DPRD Kaltim H Hasanuddin Mas'ud, Kakantor Agama Balikpapan H Johan Marpaung, jajaran Forkopimda, pengurus LPTQ, Ofisial dan Anggota Kafilah MTQ se-Kaltim, para alim ulama dan undangan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya