Lokakarya Teknologi Digital untuk Pendidik dan Siswa dalam Menghadapi Transformasi Dunia Pendidikan

Pelatihan Transformasi Digital Pendidikan
Sumber :
  • Kominfo

VIVA – Setelah menyelesaikan jenjang pendidikan SMA maupun SMK, siswa dihadapkan dengan pilihan akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dalam hal ini perguruan tinggi atau langsung memasuki dunia kerja. Namun tidak semua siswa memiliki kesempatan atau kemauan untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, sebagian dari mereka, memilih untuk melanjutkan ke dunia kerja.

Siswa SMKN di Nias Selatan Tewas Diduga Aniaya, Kepala Sekolah Jadi Tersangka

Pelatihan Transformasi Digital Pendidikan

Photo :
  • Kominfo

Menurut perwakilan kepala sekolah dan dinas pendidikan, banyak siswa di Kota Bitung yang kesulitan saat ingin langsung memasuki dunia kerja, karena masih banyak keterbatasan akses khususnya untuk lulusan SMA dan SMK memasuki dunia kerja. Penyebabnya karena tidak punya bekal yang matang untuk langsung memasuki dunia kerja seperti keterampilan membuat Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup.

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) berkolaborasi dengan startup pendidikan “Kinobi” membantu mengatasi permasalahan yang ada. Caranya dengan penggunaan teknologi yang dimiliki yakni CV Builder. Teknologi ini sesuai dengan standar yang berlaku di dunia kerja, sehingga siswa dapat dengan otomatis mendapatkan penilaian seberapa baik CV yang mereka buat.

Selain itu, Direktorat Ekonomi Digital Kominfo juga bersama dengan EDUTRANS.ID menyampaikan pentingnya transformasi digital dalam pembelajaran dan pengembangan diri yang professional. Yaitu dengan mengadakan Pelatihan Transformasi Digital Pendidikan (Cloud Computing dan Platform Manajemen Karier Siswa) di Kota Bitung Sulawesi Utara pada Selasa (16/5/2023).

Kronologi Penganiayaan Siswa SMPN 55 Barombong dan Penangkapan 4 Pelaku

Kegiatan dihadiri para kepala sekolah, guru, dan siswa dari 27 sekolah jenjang SMA/SMK di Kota Bitung. Para peserta diberikan materi pelatihan berbeda sesuai dengan audiensnya. Terhitung yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 127 orang (kepala sekolah, guru, dan siswa). Dalam sambutannya, Direktur Ekonomi Digital Kominfo yang diwakili oleh Ketua Tim Transformasi Dgitial Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata, Ir. Wijayanto, MM menyampaikan bahwa dengan adopsi teknologi digital diharapkan para guru maupun siswa dapat menerapkan dan memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran dan juga kesiapan siswa dalam menghadapi dunia kerja.

Kemudian, Dra. Femmy Mamahit Kepala Cabang Dinas Pendidikan Daerah Minut – Bitung Sulawesi Utara turut menyampaikan, kolaborasi Kementerian Kominfo dengan Dinas Pendidikan Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dan Dinas Pendidikan Daerah Cabang Minut – Bitung serta startup pendidikan sangat bermanfaat untuk siswa yang sudah lulus, bahkan dapat bermanfaat juga untuk siswa-siswi yang berada di kelas 10 dan 11 yang nantinya akan memasuki dunia kerja.

“Kami sangat berharap ketika hadirnya Kominfo berkolaborasi dengan Kinobi dalam pelatihan ini maka betul-betul anak-anak kami akan dibekali dengan baik,” tutupnya.

Selanjutnya para peserta mendapatkan pengetahuan dari di kegiatan ini dari tiga narasumber berkompeten, antara lain Hendi Pratama dari Edutrans ID yang memaparkan materi bertema “Digital Transformation for Personal Learning and Professional Development”. Berikutnya Cynthia Veronica dan Aditya Nanda Krisna dari KINOBI memberi pelatihan “Cloud Computing dan Platform Manajemen Karier Siswa”.

Dalam kegiatan dengan suasan interaktif tersebut dikenalkan dunia Kerja dan CV ATS pada para Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Kemudian dibeberkan tentang pentingnya Career Management Platform dalam Pengelolaan Karier Siswa pada para Kepala Sekolah dan Guru. Lalu para siswa peserta langsung praktik membuat CV ATS. Kegiatan diakhiri dengan simulasi kuis dan permainan, yang kemudian ditutup dengan pengumuman hasilnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya