Hadapi Tantangan Industri, Kemnaker Sosialisasi Talenta Muda dan Kesempatan Kerja

Gedung Kemnaker RI
Sumber :
  • Kemnaker

VIVA – Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa mengatakan, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus melakukan sosialisasi kepada para talenta muda dalam menghadapi tantangan industrialisasi. 

Digitalisasi Transaksi di Pasar Jakarta jadi Prioritas

Menurut Caswiyono, era digitalisasi telah memunculkan banyak sekali pekerjaan baru di industri maupun sektor informal seperti pekerja seni dan digital

“Pada bidang industri juga sudah menerapkan teknologi digital canggih yang tentu membutuhkan tenaga generasi muda berkompetensi baru. Caranya dengan mempersiapkan beberapa pelatihan,” ucap Caswiyono melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker di Jakarta, Rabu (24/5/2023). 

Berikut Peserta Lolos UTBK Polteknaker 2024, Simak Selengkapnya

Caswiyono mengambil contoh di Kabupaten Batang, banyak bidang industri yang telah menerapkan teknologi digital, yang mana akan membutuhkan generasi muda yang memiliki kompetensi di berbagai bidang pekerjaan. 

Ia menyebut, Kemnaker telah menyiapkan berbagai kebijakan dan melakukan berbagai langkah guna mendukung pembangunan ketenagakerjaan. Langkah tersebut dengan menyusun proyeksi dan rencana tenaga kerja makro dan mikro di Kawasan Industri Terpadu Batang  (KITB) yang salah satunya berisi peta kebutuhan tenaga kerja. 

Kawal Program Prabowo-Gibran, Relawan Bagikan Makanan Bergizi Gratis ke Panti Asuhan

Langkah selanjutnya dengan mengembangkan sistem informasi pasar kerja di KITB yang terintegrasi dan mudah diakses; meningkatkan kualitas dan kapasitas pelatihan kompetensi di Batang; memasifikasi sertifikasi kompetensi untuk penyediaan tenaga kerja yang bersertifikat; memperkuat dan mengembangkan Bursa Kerja Khusus (BKK) di lembaga pendidikan. 

“Kita akan dekatkan pelayanan ketenagakerjaan di KITB melalui pembangunan Anjungan SIAPkerja," ujar Caswiyono. 

Caswiyono menambahkan, untuk mengonsolidasikan semua itu, Kemnaker akan memfasiltasi pembentukan skill development center (SDC), yaitu sebuah forum kolaborasi multi stakeholder dalam mempersiapkan tenaga kerja kompeten di KITB. 

“Dengan membentuk SDC di Kabupaten Batang yang terdiri dari berbagai dinas terkait di lingkungan Pemkab Batang, manajemen KITB, asosiasi pengusaha/industri,” tutupnya. 

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor

Rapat Koordinasi Atase Ketenagakerjaan, Wamenaker Dorong Optimalisasi Layanan PMI di Luar Negeri

Wamenaker mendorong para atase, staf teknis, dan kepala bidang ketenagakerjaan Perwakilan RI di luar negeri untuk terus memberikan layanan optimal bagi pekerja migran.

img_title
VIVA.co.id
18 Juli 2024