Gubernur Minta Disediakan Creative Hub Untuk Komunitas Kreatif Kaltim

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Perhatian untuk generasi muda yang tergabung dalam komunitas kreatif bagi Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor bukan isapan jempol semata.

KPK Tetapkan 2 Tersangka Baru Kasus Korupsi yang Menjerat Gubernur Malut

Komitmen orang nomor satu Benua Etam ini pun dibuktikan dengan segera dibuatnya Creative Hub di jantung ibu kota provinsi berikon Bumi Ruhui Rahayu, Kota Tepian Samarinda.

Keberadaan Creative Hub dimulai dari Kota Samarinda ini merupakan perwujudan misi Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi untuk Berdaulat dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berakhlak mulia dan berdaya saing, terutama perempuan, pemuda dan penyandang disabilitas.

Punya Sejarah Dengan PAN, Airin Harap Kembali Didukung Pilgub Banten

"Pak Gubernur minta segera direalisasikan dan September ini sudah bisa diresmikan, setelah beberapa tahun tertunda" kata Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni memimpin rapat persiapan pembentukkan Creative Hub Kaltim di Ruang Rapat Sekda Kantor Gubernur Kaltim, Rabu 21 Juni 2023.

Menurut Gubernur Isran Noor seperti disampaikan Sekda Sri Wahyuni bahwa Creative Hub Kaltim merupakan tempat yang disiapkan menjadi pusat kegiatan komunitas anak-anak muda kreatif.

Ratusan Pengguna Motor Royal Enfield Padati Tangerang

"Pak Gubernur meyakini provinsi atau kota akan kelihatan kemajuan komunitasnya dari intervensi pemerintahnya," jelasnya.

Dan contoh daerah di Indonesia yang sudah kelihatan kemajuan komunitas kreatifnya seperti Jawa Tengah berada di tengah Kota Semarang (Kota Tua), Jawa Barat di Kota Bandung juga DKI Jakarta.

"Jadi, Pemerintah Provinsi Kaltim membangun Creative Hub, selain lintas kegiatan juga tidak membatasi, tidak hanya Kota Samarinda, tapi komunitas kreatif dari kabupaten dan kota lain bisa berkolaborasi disana, silahkan," ungkap Sekda.

Karenanya ujar Sekda, adanya creative hub maka geliat ekonomi kreatif yang dilakoni komunitas anak-anak muda Kaltim akan terlihat dan semakin bangkit.

"Tapi, Pak Gubernur tetap ingin ada intervensi pemerintah. Sehingga komunitas anak-anak muda kreatif yang selama ini sudah jalan dan berkegiatan mendapat tempat khusus untuk lebih leluasa menyalurkan kegiatannya," urainya.

Tidak dipungkiri ujar mantan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim ini, bahwa para komunitas anak-anak muda kreatif Benua Etam ini sudah sejak lama menantikan ada ruang bagi mereka dan berharap Pemerintah bisa menyediakannya.

"Mungkin kita tidak menunggu lama dan teman-teman dari Dinas Pariwisata dan Komite Ekonomi Kreatif Kaltim, terutama BPKAD untuk mengaktivasi aset Pemprov Kaltim, agar bisa mendukung kami untuk mewujudkan komitmen Pak Gubernur dan Pak Wagub, guna memfasilitasi komunitas anak-anak muda kreatif kita dengan membangun Creative Hub di Kota Tepian ini," harapnya.

Bahkan keberadaan Creative Hub, selain wadah berkumpul dan bertukar informasi sesama komunitas anak muda kreatif, juga tempat bertemu dan berdiskusi komunitas dengan pemerintahnya, khususnya kepala daerahnya.

"Keinginan Pak Gubernur juga Pak Wagub, mereka bisa bertemu langsung dan berdiskusi tentang keinginan komunitas anak-anak muda kreatif itu di Creative Hub. Apa saja keinginan mereka dan apakah sudah ada dukungan atau perhatian pemerintah bagi mereka," pungkas Sekda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya