Gubernur Isran Noor Berharap ITK Jalin Kerjasama dengan Negara Luar

Gubernur Kalimantan Timur, Dr H Isran Noor
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor meyakini kemajuan suatu perguruan tinggi tidak terlepas dari kemampuan jajarannya untuk menjalin kerjasama dan sinergi dengan lembaga pendidikan maupun negara lain.

Prabowo Bertekad Ringankan UKT di PTN: Kalau Bisa Sangat Minim atau Gratis

Seperti Institut Teknologi Kalimantan (ITK) diharapkan menjadi perguruan tinggi yang maju dan berkembang pesat, serta menguasai teknologi.

"Kalau ingin belajar teknologi maju dan canggih, ya belajar ke China," kata Gubernur Isran Noor, saat menerima kunjungan Rektor ITK Profesor Agus Rubiyanto, di ruang kerjanya, Selasa 27 Juni 2023.

Polemik Biaya UKT Perguruan Tinggi Naik, Pakar Ekonom: Investasi Pendidikan Penting

Karenanya, orang nomor satu Benua Etam ini sangat berharap ITK bisa menjalin kerjasama dengan lembaga atau perguruan tinggi negara Tirai Bambu itu.

"Kalau ITK bisa kerjasama dengan China, nih luar biasa. Sebab tidak ada negara yang maju pesat teknologinya selain China," ungkapnya.

BTN Manfaatkan AI hingga Big Data Bikin Nasabah Makin Loyal

Sebelumnya, Rektor ITK Profesor Agus Rubiyanto mengemukakan pihaknya sudah melakukan kunjungan ke Negara China guna menjajaki kerjasama bidang pendidikan.

"Ijin Pak Gubernur, sesuai arahan Bapak, kami sudah berkunjung Negara China arah ke selatan, ke Shenzhen, Guangzhou, Liuzhou hingga Beihai," sebutnya.

Kunjungan ke beberapa negara bagian Republik Rakyat China, diakuinya untuk pengembangan otomatisasi berhuhungan langsung dengan program studi (prodi) yang dimiliki ITK saat ini dan kedepannya.

"Kita sudah memiliki 22 prodi yang menunjang smart city, mulai teknik mesin, teknik elektro, informatika, shipping, perencanaan wilayah kota, fisika (medis dan nuklir) dan teknik kimia, serta geofisika," ujar Rektor ITK.

Kunjungan kali ini, Rektor ITK bersama Karo Umum dan Akademik Yuspian, Koordinator Perencanaan Zulfikhar, Ketua LPPM Yunita, Koordinator Pusat Kerjasama Olivia, serta Koordinator Pusat Pengembangan Strategis dan Infras Tiara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya