Awali Sapi Gubernur, Akhiri Sembelih Kurban Bantuan Presiden

Wakil Gubernur Kalimantan Timur, H.Hadi Mulyadi menyembelih hewan kurban
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Hari Raya Idul Adha, atau umat muslim lazim menyebutnya hari raya kurban, sebab di hari kesepuluh Dzulhijjah ini bagi umat Rasulullah, Nabi Muhammad SAW disunnahkan menyembelih hewan kurban (berkurban), terutama bagi yang mampu.

Pj Gubernur Akmal Sambangi Bandara SAMS Tinjau Arus Mudik Lebaran

Demikian halnya, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, di hari raya kurban ini menjadi momentum tersendiri baginya.

Dimana, pada hari kesepuluh, ke 11, ke 12 hingga hari ke 13 Dzulhijjah setiap tahun pasti disibukkan dengan aktivitas lamanya, yakni menyembelihkan hewan kurban.

8 Waktu yang Diharamkan untuk Berpuasa Menurut Ajaran Islam

Baik hewan kurban milik pribadinya dan keluarga, maupun amanah (titipan) kaum muslimin di masjid-masjid maupun tempat lainnya, termasuk hewan kurban di rumah potong hewan (RPH).

"Wah kembali lagi nah ke profesi lawas," canda Wagub Hadi Mulyadi ketika tiba di RPH Tanah Merah Lempake Samarinda, pada pukul 00.24 Wita, Kamis 29 Juni 2023.

Didukung Lebih dari 30 Negara, Idul Fitri-Idul Adha Kini Diakui UNESCO sebagai Hari Besar Keagamaan

Rupanya, di RPH Tanah Merah, orang nomor dua Benua Etam ini kembali melakukan rutinitasnya menyembelih hewan kurban dan sudah menunggu Kepala RPH Tanah Merah drh Kartika, Plt Kepala Biro Kesra Andi Muhammad Ishak, Sekretaris Dinas PKH Fadly, pejabat Dinas Pertanian Samarinda Maskuri.

Khusus di RPH Tanah Merah, Wagub diamanahi menyembelih hewan kurban sapi bantuan Presiden RI Joko Widodo, Kapolri, Wali Kota Samarinda dan milik warga.

"Totalnya ada 4 ekor sapi kurban yang disembelih Pak Wagub," sebut Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim Fadly.

Sebelumnya, di hari yang sama sejak pagi, mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini usai khutbah di Desa Bangun Rejo Tenggarong Seberang Kutai Kartanegara, dipercaya melakukan penyembelihan hewan kurban di Masjid Baitul Muttaqien Islamic Centre Kaltim, Jalan Slamet Riyadi Samarinda.

"Empat ekor sapi disembelih, terdiri sapi kurban Bapak Gubernur dan istri (almarhumah Hj Norbaiti), sapi kurban pak Wagub sendiri dan sapi kurban milik Bapak Awang Faroek Ishak," ujarnya.

Selanjutnya, Wagub juga melakukan penyembelihan hewan kurban di Badan Pendapatan Daerah Kaltim sebanyak 5 ekor (4 sapi dan 1 kambing).

Berlanjut ke rumah pribadinya di Jalan Juanda 7 Samarinda, Wagub menyembelih 5 hewan kurban (1 sapi dan 4 kambing).

"Alhamdulillah selesai. Insyaallah kalau sapi Bapak Presiden, setiap tahun saya yang selalu menyembelihnya," tutup suami Hj Erni Makmur ini, mengakhiri aktifitasnya memotong kurban d RPH Tanah Merah, hingga pukul 01.00 Wita, Jumat (30/6/2023).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya