Gubernur Lepas Kontingen Pornas Korpri dan Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim

Gubernur Isran Noor melepas kontingen Pornas Korpri
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – "SALAM OLAHRAGA" Salam Pramuka !!! pekik Gubernur Kaltim H Isran Noor membuka sambutannya melepas kontingen Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke XVI tahun 2023 di Semarang (Jawa Tengah) dan Kontingen Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kaltim ke Kemah Bela Negara Nasional tahun 2023 di Kalimantan Selatan.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Pelepasan kedua kontingen di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Rabu 5 Juli 2023, dihadiri Asisten Administarsi Umum Sekda Provinsi Kaltim H Riza Indra Riadi, Sekda Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono, perwakilan KONI, DBON, kepala OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim serta undangan lainnya.

Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, sekaligus seluruh masyarakat Kaltim, Gubernur Isran Noor mengucapkan selamat kepada kontingen Korpri Kaltim yang akan mengikuti Pornas Korpri XVI tahun 2023 di Semarang, dan Kontingen Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim yang akan mengikuti Kemah Bela Negara Nasional tahun 2023 di Kalsel.

Budi Waseso dan Kwarda Pramuka Se-Indonesia Minta Nadiem Revisi Permendikbud No 12

“Kepada kontingen Pornas Korpri Kaltim dan Kontingen Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim untuk dapat menunjukkan prestasi terbaik di masing-masing cabang yang akan diikuti, Saya yakin sebelum saudara diberangkatkan ke Semarang, tentu peserta kontingen telah melakukan latihan yang intensif secara sungguh-sungguh dengan semangat pantang menyerah untuk meraih suatu prestasi yang membanggakan,” ungkap Gubernur Isran Noor.

Gubernur Isran Noor mengharapkan kontingen Korpri untuk terus berusaha dan berjuang kuat agar dapat tampil sebagai juara, sekaligus even nasional ini dijadikan ajang untuk bersilaturahim mempererat tali persaudaraan dan mengedepankan semangat sportivitas diantara sesama anggota Korpri.

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

“Kepada kontingen Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim, Saya juga berpesan Kemah Bela Negara Nasional adalah momen penting yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan peserta Pramuka dari seluruh Indonensia. Di sana kalian akan mendapatkan pengalaman berharga, mengasah keterampilan dan memperluas wawasan dalam semangat persatuan dan kebangsaan,” tegasnya.

Gubernur Isran Noor juga berharap Kemah Bela Negara Nasiosnal di Kalsel tahun ini menjadi momen menginspirasi para peserta Pramuka untuk terus berjuang dan berkontribusi untuk kemajuan negeri ini.

“Gunakanlah waktu kalian sana, untuk saling bertukar pengalaman, menjalin persahabatan dan silaturahim dan memperkuat jaringan sesame antar pramuka dari berbagai daerah di tanah air, jalinlah hubungan yang baik dan kokoh, karena dimasa depan kalian akan membutuhkan kerjasama yang sinergi untuk mewujudkan impian dan cita-cita kalian semua,” pesannya.

Ketua Badan Pembina Olahraga Korpri Kaltim HM Aswin melaporkan kontingen Korpri Kaltim yang akan mengikuti ajang Pornas Korpri XVI di Semarang akan dimulai 13 Juli sampai 23 Juli 2023, dan jumlah kontingen Pornas Korpri Kaltim sebanyak 199 orang, terdiri 167 orang (atlit, manager, official serta pelatih), 32 orang (panitia/pendamping dan tim kesehatan).

Dan seluruh atlet Pornas Korpri Kaltim berasal dari dinas/instansi di lingkup Pemprov Kaltim dan 8 kabupaten/kota, kecuali Kabupaten Kutai Barat dan Mahulu yang tidak mengirimkan perwakilannya.

“Diajang Pornas Korpri XVI di Semarang, Pornas Korpri Kaltim mengikuti semua cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak 10 cabor, yaitu tenis meja, tenes lapangan, senam Korpri, bulu tangkis, bola basket, futsal, bola volley, catur, gate ball dan balap sepeda.

"Pornas Korpri XV di Bangka Belitung kontingen Korpri Kaltim menduduki peringkat enam besar, dan ajang Pornas Korpri XVI di Semarang menargetkan tiga besar, Insyaallah,” papar Aswin.
Pimpinan kontingen Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim Didi Hardianyah melaporkan kontingen Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim ke Kemah Bela Negara Nasional, pada 10 - 16 Juli 2023, di Bumi Perkemahan Kiram Park, Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Provinsi Kalsel.

“Jumlah peserta kontingen Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim sebanyak 48 peserta, yang terdiri masing-masing Kwartir Cabang Kabupaten dan Kota, termasuk unsur kontingen daerah yaitu penanggungjawab, sekretaris, wakil ketua Kwarda kaltim, komisi bela negara serta andalan kwartir daerah bela negara Kwarti gerakan Pramuka Kaltim," jelas Didi Hardiansyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya