Sapa Seniman Ebeg, Gus Imin Tegaskan Komitmen Bela Seni Budaya Tradisional

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin)
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan, satu aspek yang menjadi isu penting yang perlu diukur dalam pembangunan nasional saat ini adalah kebahagiaan. Pria yang akrab disapa Gus Imin ini Ia berujar kebahagaiaan adalah tujuan utama pembangunan Indonesia. Jalan cepat mewujudkannya adalah melalui seni dan budaya.

Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

“Tujuan utama pembangunan itu ya mewujudkan kebahagiaan. Bangun jalan, bangun infrastruktur itu kan tujuannya untuk kebahagiaan. Dan jalan cepat kebahagiaan itu melalui seni dan budaya,” kata Gus Imin saat silaturahim dengan Paguyuban Bambu Aji di Balai Budaya Banjarnegara, Kamis (6/7/2023).

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Menurut Gus Imin, seni dan budaya sangat penting dan punya posisi yang strategis dalam pembangunan nasional. Ia pun menegaskan jika seni dan budaya seudah seharusnya menjadi Panglima pembangunan.

“Seharusnya seni dan budaya menjadi Panglima (pembangunan nasional). Supaya apa? Supaya para pelaku seni dan budaya mendapatkan kesejahteraan, perhatian dan jaminan kesehatan, jaminan masa depan, sehingga ide-ide dan inovasi dan kreativitas seniman ini terus tumbuh dan berproduksi untuk membahagiakan masyarakat,” ujarnya.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Gus Imin optimistis setiap upaya menjaga dan melestarikan seni dan budaya minimal akan membentuk dua hal. Pertama, rasa seni dan keindahan yang hasilnya dalah kebahagiaan dan ketentraman.

“Dengan hiburan seni dan budaya maka tujuan dari pembangunan kita akan terwujud. Apa itu? Kebahagiaan,” ungkapnya.

Kedua, seni dan budaya dapat membangitkan ekonomi. Gus Imin berujar, setiap pagelaran seni dan budaya di Indonesia, dapat dipastikan akan turut serta membangkitkan perekonomian warga sekitar.

“Kita ingin budaya dan seni menghasilkan dampak ekonomi, ada UMKM yang tumbuh, ada kegiatan jual beli masyarakat yang terus berkembang di forum-forum yang ramai seperti ini. Karena itu Indonesia akan maju kalau meletakkan seni dan budaya sebagai panglima terdepan bagi kemajuan bangsa kita,” ujarnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini pun pasang badan untuk memastikan kelestarian dan membela seni budaya tradisional, tak terkecuali Kuda Kepang atau dalam bahasa Banjarnegara lebih dikenal dengan Ebeg.

Gus Imin diketahui sudah sejak lama membela dan memperjuangkan seni dan budaya tradisional. Ia meyakini seni dan budaya adalah jalan terbaik menumbuhkan kebahagiaan di tengah masyarakat, sehingga kemajuan dan kesejahteraan mereka dapat terwujud.

“Dengan ini saya nyatakan bismillah saya sanggup untuk menjaga, membela dan mengembangkan seni dan budaya tradisional terus-menerus, termasuk Kuda kepang ini. Komitmen saya sejak dulu tetap sama, yaitu menjaga dan membela seni dan budaya,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya