Wagub Lepas Kontingen Kwarda Kaltim ke Korea Selatan dan Cibubur

Wakil Gubernur Kalimantan Timur, H.Hadi Mulyadi
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Ditandai dengan penyerahan bendera, pemasangan jaket dan penyematan pin tanda peserta, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi secara resmi melepas Kontingen Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur mengikuti 25th World Scout Jamboree 2023 di Korea Selatan dan Raimuna Nasional di Bumi Bhaladika Cibubur Jakarta, di Aula Dinas Pemuda Olahraga Kaltim Komplek GOR Kadrie Oening Sempaja Samarinda, Selasa 25 Juli 2023.

Pengamat Sepakbola: Penyelesaian Akhir Timnas Indonesia Masih Harus Dibenahi

Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kaltim, Wagub Hadi Mulyadi menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta Kontingen Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim yang mengikuti event Gerakan Pramuka nasional di Jakarta dan event internasional di Korea Selatan.

Queen of Tears Geser Crash Landing on You Sebagai Drama dengan Rating Tertinggi di tvN

"Saya bangga dengan adik-adik Pramuka semua yang terpilih mewakili Kaltim diajang Jambore internasional dan nasional," ucapnya.

Kebanggaan orang nomor dua Benua Etam ini sangat beralasan, mengingat Pramuka menurut dia, salah satu organisasi pemuda yang benar-benar mampu membentuk karakter anak bangsa.

Viral Pria Ponorogo Mirip Shin Tae-yong, Videonya Direpost Marselino Ferdinan

Sebab lanjutnya, Gerakan Pramuka mengajarkan berbagai kemampuan, ketahanan mental dan fisik, keterampilan, termasuk seni, olahraga dan adukasi tentang alam, sosial, lingkungan dan akademis.

"Semua dipelajari, juga bagaimana terbentuk pribadi yang mandiri, adaptif, terampil, kreatif dan inovatif, serta mampu bertahan hidup dalam kondisi sulit," pujinya.

Diajang Jambore Dunia ke 25 di Korea Selatan dan Cibubur Jakarta, mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini berpesan kontingen Benua Etam selain menjaga nama baik daerah dan bangsa Indonesia, juga mampu berkomunikasi dan memperkenalkan seni, budaya dan potensi wisata secara baik kepada peserta negara dan daerah lain.

"Saya minta diajang jamboree Korea dan Cibubur, jadilah duta yang baik, tolong jaga nama baik kita, nama Kaltim, nama kita sebagai bangsa yang besar, saat adik-adik di Korea nanti," pesannya.
Plt Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim HM Fachrudin Djaprie menyebutkan Raimuna Nasional (Rainas) pada 14 - 21 Agustus di Bumi Bhaladika Cibubur Jakarta diikuti 16.448 orang dari Pramuka Penegak dan Pandega.

"Kontingen Kaltim akan mengirimkan lebih dari 200 orang, berasal dari Kwarcab Samarinda, Penajam Paser Utara, Balikpapan, Kutai Timur, Bontang, Kutai Barat, Berau, Kutai Kartanegara dan Paser," sebutnya.

Sedangkan event internasional 25th World Scout Jamboree (Jambora Dunia ke 25) Tahun 2023 di Jeollabok-do SaeManGuem, Korea Selatan pada 1 - 12 Agustus diikuti pandu-pandu sedunia dari 83 negara.

"Kontingen Indonesia dikoordinir Kwarnas berjumlah 1.456 peserta, terdiri Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak berasal dari 18 Kwarda dan Kwarnas. Khusus Kaltim sebanyak 29 orang berasal dari Kwarcab Samarinda, Bontang, Kutai Kartanegara dan Kutai Timur," jelasnya.

Tampak hadir Kepala Dispora Kaltim HM Agus Hari Kesuma, pimpinan perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim, jajaran Mapida dan Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya