Tahun ini, Total 1.692 Sambungan Listrik PLTS Tuntas se Kaltim

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Perhatian dan kepedulian serta kebijakan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor dan Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi benar-benar pro rakyat. Seperti mewujudkan kebutuhan dasar masyarakat dalam penyediaan listrik.

Ini Pertimbangan Komisi B DPRD DKI Bahas Kenaikan Tarif Transjakarta

Hingga 2023, total sambungan listrik di desa-desa se Kaltim mencapai 1.692 sambungan listrik tuntas diselesaikan melalui program pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

"Kita bersyukur meski melalui PLTS. Tapi, sudah 24 jam," ucap Gubernur Isran Noor baru-baru ini.

25 PSN Sektor Transportasi Sudah Rampung, Empat Proyek Dikebut Tahun Ini 

Bagi Gubernur Isran, listrik merupakan kebutuhan yang paling mendasar bagi masyarakat, setelah air bersih.

Menurut dia, jika kedua kebutuhan ini (air dan listrik) terpenuhi, maka masyarakat akan bahagia karena taraf hidupnya meningkat dan sejahtera.

Puteri Azzahra: Perempuan Pilar Utama Membangun Masa Depan Indonesia yang Berkelanjutan

"Kita terus berupaya listrik bisa meliputi seluruh desa se Kaltim," ungkapnya.

Kepala Dinas ESDM Kaltim H Munawwar menjelaskan, pembangunan PLTS tidak lain bagian dari visi dan misi Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi mewujudkan misi berdaulat dalam pemberdayaan ekonomi wilayah dan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan. Termasuk berdaulat dalam memenuhi kebutuhan insfrastruktur kewilayahan. Salah satunya penyediaan kebutuhan listrik bagi masyarakat desa di Kaltim.

"Jadi, keseriusan dan komitmen Gubernur dan Wagub sudah terbukti. Insyaallah 1.692 sambungan listrik tuntas tahun ini," jelasnya.

Adapun desa yang menerima program pembangunan PLTS tahun 2021, Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kukar untuk Desa Enggelam sambungan 201 rumah dengan kapasitas PLTS 83,16Kwp dan Desa Ketibeh 91 unit dengan kapasitas PLTS dibangun 47,04 Kwp.

Berikutnya, tahun 2022, Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kukar untum Desa Menamang Kanan sambungan 275 rumah dengan kapasitas 100 Kwp dan Desa Menamang Kiri 50 Kwp dengan sambungan 102 unit.

Kemudian, PLTS tahun 2023, mulai dari pembangunan PLTS Komunal Off- grid Desa Deraya dan Lemper, Kecamatan Bongan, Kabupaten Kutai Barat sambungan 156 unit.

Pembangunan PLTS Komunal Off-grid Desa Long Sului, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau 91 unit sambungan. Pembangunan PLTS Komunal Off- grid Desa Matalibaq Kecamatan Long Hubung, Kabupaten Mahakam Hulu 295 sambungan.

Pembangunan PLTS Komunal Off- grid Dusun Muluy Desa Swan Sluntung Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser 51 sambungan. Pembangunan PLTS Komunal Off- grid Desa Pegat Betumbuk Kecamatan Pulau Derawan Kabupaten Berau 63 sambungan.

Pembangunan PLTS Komunal Off- grid Desa Ujoh Halang Kecamatan Long Iram, Kabupaten Kutai Barat 77 sambungan dan Revitalisasi PLTS Komunal Off-grid Desa Labuang Kallo Kecamatan Tanjung Harapan, Kabupaten Paser 290 unit sambungan.

Total sambungan semua mencapai 1.692 unit melalui alokasi APBD Pemprov Kaltim. Juga belum termasuk dukungan dari program CSR yang dibangun perusahaan di masing-masing wilayah.

"Semoga, kolaborasi untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat ini tetap terlaksana," harapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya