Sidang Umum ke-44 AIPA, Responsive Parliaments for a Stable and Prosperous ASEAN

ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA)
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) akan menggelar Sidang Umum ke-44 di Jakarta, Indonesia pada tanggal 5–11 Agustus 2023. Sidang ini akan dihadiri oleh perwakilan parlemen dari negara-negara anggota ASEAN yang akan membahas isu-isu penting untuk mencapai stabilitas dan kemakmuran ASEAN.

Anggota DPR Siap Pasang Badan Jika ICC Nekat Tangkap Netanyahu

Dalam situasi global yang kompleks saat ini, AIPA menyadari pentingnya kerja sama untuk menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dalam konteks ini, tema Sidang Umum ke-44 AIPA adalah “Responsive Parliaments for a Stable and Prosperous ASEAN”. Tema ini menekankan peran penting parlemen dalam merespons aspirasi dan kepentingan masyarakat serta menghubungkannya dengan agenda regional di tengah ketidakpastian global.

Sidang ini akan membahas penguatan arsitektur regional dengan ASEAN sebagai pemimpinnya, guna mencapai perdamaian, stabilitas, dan ketahanan sosial di tengah tantangan global. Parlemen yang responsif diharapkan memiliki kemampuan untuk menghubungkan suara dan kepentingan rakyat dengan agenda regional. Parlemen diharapkan lebih tanggap, berorientasi pada kepentingan rakyat, dan inklusif dalam semangat mempertahankan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

MK Ogah Komentar soal Revisi UU MK yang Bergulir di DPR

Sidang Umum AIPA ke-44 juga akan membahas isu-isu strategis yang berkaitan dengan stabilitas dan kemakmuran ASEAN. Sebagai tuan rumah, Indonesia berkomitmen untuk menjaga integritas dan stabilitas kawasan. ASEAN telah berkomitmen untuk menciptakan kawasan yang damai, terbuka, dan harmonis, sebagaimana tercermin dalam Rencana Aksi Politik-Keamanan ASEAN 2015–2025. Stabilitas menjadi prasyarat bagi pertumbuhan dan kemakmuran di ASEAN.

Sidang Umum AIPA ke-44 menjadi platform penting untuk memperkuat kerja sama parlemen dan meningkatkan kemitraan regional guna mencapai ASEAN yang tangguh dan makmur. AIPA memiliki peran penting dalam mendukung kepentingan publik dan mengawasi kegiatan pemerintah eksekutif melalui mekanisme checks and balances. Sidang ini juga menjadi ajang bagi anggota parlemen ASEAN untuk berbagi pengalaman dan pandangan dalam membangun masa depan ASEAN yang lebih baik.

Komisi III DPR Bicara Kriteria Pansel Capim KPK
Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia

DPR Tegaskan Caleg Terpilih Harus Mundur Jika Maju Pilkada 2024

Komisi II DPR RI menyebut calon anggota legislatif (caleg) terpilih harus mengundurkan diri jika ingin menjadi kontestan di Pilkada 2024.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024