Ada Josko Gvardiol, Ini 6 Bek Muda Terbaik di Dunia

Josko Gvardiol
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Nama Josko Gvardiol saat ini sedang naik daun. Wajar saja, Gvardiol baru saja merampungkan kepindahannya ke Manchester City setelah melalui saga transfer yang cukup lama. Gvardiol merupakan salah satu bek muda terbaik dengan prospek yang cerah. Namun, selain Gvardiol, ada beberapa bek muda terbaik lainnya yang sedang bersinar dan mencuri perhatian banyak klub-klub besar.

Arsenal Kehilangan Puncak Klasemen, Mikel Arteta dan William Saliba Pasrah

Di era sepak bola modern, bek muda dengan gaya main modern banyak diincar oleh klub besar. Selain dinilai dari kemampuan bertahan dan memotong aliran bola lawan, bek muda khususnya di posisi bek sayap juga wajib memiliki atribut untuk membantu serangan tim dengan mampu melakukan gerakan overlap yang efektif. Untuk melihat berbagai informasi seputar sepak bola, bisa kunjungi speakbola.com.

Nah, berikut ini 6 deretan bek muda terbaik yang ada pada saat ini.

Bintang Kelas Dunia Liverpool Dikejar Bayern Munich

1 Josko Gvardiol - Manchester City

Josko Gvardiol

Photo :
  • istimewa
Matthijs De Ligt Menanti Pinangan Manchester United

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Josko Gvardiol merupakan salah satu bek muda terbaik yang ada saat ini. Bek kelahiran Januari 2002 ini mengisi posisi bek tengah dan baru saja merampungkan kepindahannya ke Manchester City pada bulan Agustus 2023. Sebelumnya, Gvardiol menjadi rebutan banyak klub besar.

Bek berkebangsaan Kroasia ini pun cukup versatile, karena dapat diplot untuk mengisi pos bek kiri. Karir Gvardiol bermula dari klub lokal bernama NK Trešnjevka, kemudian pindah ke klub Dinamo Zagreb Youth. Nama Gvardiol kemudian mencuri perhatian saat tampil apik di ajang Piala Dunia 2022. Selain itu, Gvardiol juga punya catatan mentereng selama membela klub RB Leipzig, klub yang dibela sebelum pindah ke Manchester City dengan banderol 77,6 juta pounds.

2 William Saliba - Arsenal

Selebrasi William Saliba usai bobol gawang Sporting Lisbon

Photo :
  • AP Photo/Armando Franca

Mengisi pos bek tengah Arsenal bersama Ben White, William Saliba merupakan pemain berusia 22 tahun dengan paspor Prancis yang diandalkan oleh Arteta untuk mengamankan pertahanan The Gunners. Bahkan, Saliba baru saja meneken kontrak hingga tahun 2027 untuk tetap berbakti di Arsenal.

Saliba memiliki kemampuan membaca serangan lawan dengan baik, menjadikannya salah satu pemain penting untuk Arsenal. Saliba pertama kali didatangkan Arsenal dari Saint-Etienne pada tahun 2020. Datang ke London, Saliba tidak langsung dipercaya mengisi pos bek tengah. Saliba sempat beberapa kali dipinjamkan ke klub lain, seperti OGC Nice dan Marseille. Setelah kembali dari masa pinjaman di Marseille, Saliba menunjukkan permainan matang bersama The Gunners.

3 Matthijs de Ligt - Bayern Munich

Matthijs de Ligt Resmi Bergabung Bayern Munich

Photo :
  • Twitter: Bayern Munich

Pemain berpaspor Belanda ini menjadi salah satu bek muda terbaik. Pemain berusia 24 tahun ini menjadi salah satu pilar pertahanan Bayern Munich dengan catatan yang cukup impresif. de Ligt, yang datang ke Munchen pada tahun 2022 kemarin merupakan produk asli akademi Ajax Amsterdam. Setelahnya, de Ligt pun naik mengisi pos pertahanan Ajax hingga tahun 2019. Karirnya berlanjut ke Juventus dan akhirnya berpindah ke klub Jerman di tahun 2022. 

Salah satu kemampuan de Ligt adalah memiliki balance yang baik serta menjadi salah satu bek muda dengan atribut ball winning terbaik. de Ligt juga mampu membaca pergerakan musuh dengan baik. Dengan kemampuannya, de Ligt tidak jarang berhasil mematahkan counter attack musuh.

4 Goncalo Inacio - Sporting CP

Bek muda ini santer dikabarkan menjadi salah satu target dari Manchester United dan Liverpool. Wajar saja, Inacio merupakan bek muda yang menjanjikan. Bek berusia 21 tahun ini memiliki atribut bek modern yang lengkap, mulai dari body balance yang oke hingga dapat membantu build up serangan dengan cukup baik. 

Tidak heran jika Sporting CP memagari Inacio dengan harga yang cukup tinggi untuk seorang pemain muda. Di sisi lain, Inacio merupakan produk akademi Sporting CP yang berhasil menembus tim utama hingga saat ini. Dengan potensi yang dimilikinya, tidak menutup kemungkinan Inacio bisa menjelma menjadi bek tengah yang tangguh.

5 Antonio Silva - Benfica

Masih dari liga Portugal, Antonio Silva merupakan salah satu bek muda terbaik selanjutnya. Silva merupakan jebolan akademi Benfica sejak tahun 2018 di Benfica U17, karirnya pun terus meningkat hingga akhirnya dipercaya menjadi pilar pertahanan tim utama Benfica di tahun 2022 kemarin.

Performa gemilangnya membuat Silva mencuri perhatian radar klub-klub besar. Dengan usia yang masih sangat mudah, yakni 19 tahun, Silva memiliki kesempatan yang sangat besar untuk meningkatkan permainannya dan menjadi bek muda dengan skill yang lengkap. Walaupun diplot menjadi bek tengah, namun Silva memiliki kecepatan lari yang cukup baik. Tidak hanya itu, Silva juga memiliki kemampuan yang baik untuk mencetak gol dari sundulan.

6 Alphonso Davies - Bayern Munich

Alphonso Davies terkena tendangan Jude Bellingham

Photo :
  • sky sports

Davies sudah cukup lama dikenal sebagai salah satu bek muda terbaik. Mengisi pos bek kiri, Davies memiliki kemampuan bertahan dan overlap yang sama baiknya. Bek berpaspor Kanada ini pun otomatis menjadi andalan Bayern Munich sisi kiri pertahanan klub.

Davies didatangkan oleh Bayern Munich dari klub Vancouver asal Amerika Serikat pada tahun 2019. Sejak saat itu, Davies menunjukkan performa yang gemilang. Salah satu kelebihan dengan nomor punggung 19 ini adalah kecepatan berlari yang menakjubkan. Tidak hanya itu, kemampuannya untuk membantu serangan tim pun menjadikannya pemain penting bagi Bayern Munich.

Itu tadi beberapa pemain muda dengan posisi bek terbaik yang ada pada saat ini. Mana yang paling kalian jagokan?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya