Tips Bisnis Co-Working Space, Cari Tahu di Sini

Ilustrasi Co-Working Space
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Di era modern ini, banyak hal yang bisa mendukung produktivitas kerja Anda. Salah satunya adalah keberadaan co-working space. Maka dari itu, tidak heran jika bisnis ini menjadi lebih menjanjikan. 

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Bagi Anda yang memiliki ide bisnis co-working space, maka wajib untuk merealisasikannya terlebih jika memanfaatkan investasi reksadana yang Anda miliki.

Seperti yang Anda ketahui bahwa pekerjaan yang membutuhkan sekat kubik pembatas perlahan sudah mulai ditinggalkan dan tergantikan oleh keberadaan co-working space ini. Jika ingin mengetahui lebih detail mengenai bisnis up to date satu ini, Anda wajib mengetahui definisi dan tips membangun bisnisnya.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Definisi Co-Working Space

Definisi co-working space adalah suatu tempat untuk bekerja namun di dalamnya terdapat berbagai macam perusahaan. Dilansir dari situs GoWork, memahami definisi dari co-working space berarti memahami kebutuhan pekerjaan saat ini yaitu kebutuhan tempat kerja yang fleksibel dan dapat dilakukan di mana saja. 

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Tentunya tempat untuk bekerja ini bukanlah seperti tempat kerja perusahaan pada umumnya. Co-working space cenderung lebih fleksibel dan lebih open space. Cara kerja co-working space biasanya disewa oleh beberapa perusahaan, baik secara privat maupun tidak.

Keberadaan co-working space di Indonesia sendiri biasanya terdapat di gedung-gedung yang memiliki open space dan bahkan dekat dengan kafe dan sebagainya. Uniknya, co-working space ini tidak hanya berkaitan dengan pekerjaan saja, areanya juga dapat digunakan untuk belajar dan aktivitas lainnya.

Tips Memulai Bisnis Co-Working Space dengan Reksadana

Karena keberadaan co-working space yang semakin diminati oleh perusahaan start up dan modern lainnya. 

Maka dari itu, tidak heran jika banyak peluang bisnis dari aspek ini. Jika Anda ingin memulai bisnis co-working space, simak tips dari Sirclo Store di bawah ini:

  • Siapkan Dana Awal Secara Rinci

Tips pertama dan paling penting adalah dana awal sebagai persiapan untuk membangun bisnis Anda. Dana awal ini dapat berupa tabungan atau berasal dari investasi yang Anda miliki seperti deposito atau reksadana. 

Cara investasi reksadana agar dapat menjadi dana awal ini sangat vital karena menentukan bisnis kedepannya, yang mana jika Anda memanfaatkan dana dengan bijak dan secara rinci maka bisnis akan berjalan baik.

Membangun bisnis co-working space membutuhkan dana awal yang cukup besar. Maka dari itu, Anda wajib memiliki rincian biaya untuk membangun bisnis tersebut. Tidak lupa juga untuk membangun strategi memulai bisnis yang tepat.

  • Membuat Rencana Keuangan

Kedua, Anda tentu wajib membuat rencana keuangan secara detail dan terarah. Rencana keuangan ini terdiri dari berbagai aspek yang nantinya akan mendukung operasional bisnis co-working space Anda. 
Aspek-aspek tersebut antara lain adalah alokasi dana yang akan dihabiskan, perhitungan potensi kerugian dan rencana keuangan alternatif.

Ketika Anda menentukan dana awal, hal yang perlu Anda perhatikan hanya persoalan estimasi biaya saja. Namun, jika membuat rencana keuangan maka Anda wajib melakukan riset terinci agar mendapatkan perhitungan terbaik. 

Pada tahapan ini, Anda dapat mencari investor yang mendukung bisnis Anda.

Berikutnya, Anda dapat mulai memilih properti yang tepat karena bisnis co-working space ini tidak jauh dari bangunan yang tepat untuk dijadikan bisnis. Selain itu, Anda juga wajib untuk menyiapkan berbagai perlengkapan tempat yang digunakan sebagai co-working space.

Misal, Anda memilih properti seluas 800m2 maka hal-hal seperti berapa banyak ruangan dan margin profit untuk properti tersebut wajib Anda perhitungkan. Anda juga wajib untuk membuat daftar perusahaan apa saja yang akan menyewa co-working space milik Anda.

  • Memilih Lokasi yang Strategis

Tips berikutnya adalah memilih lokasi yang strategis dan tentu hal ini berkaitan sekali dengan pilihan properti yang Anda pilih. 

Jika Anda memilih properti di wilayah yang strategis, seperti contohnya kemudahan akses transportasi umum atau dekat dengan kafe atau pusat perbelanjaan. Maka, co-working space Anda akan berpotensi berkembang pesat.

Lokasi yang strategis ini menjadi aspek vital yang menjadi pertimbangan banyak perusahaan start up yang menyewa co-working space. Sehingga, penting bagi Anda untuk memerhatikan aspek satu ini sebelum melakukan kesepakatan dalam membeli atau menyewa suatu properti.

  • Menentukan Visi Bisnis

Memiliki visi bisnis yang tepat dan berprinsip menjadi tips jitu Anda untuk memulai bisnis co-working space. Mengapa visi sebuah bisnis merupakan hal yang penting? Karena ketika Anda membangun bisnis, jika tidak berpegang teguh dengan visi dan prinsip maka kesempatan bisnis tersebut akan lebih kecil berjalan dengan lancar.

Terlebih lagi jika Anda mencoba bisnis co-working space yang mana pasarnya masih berbentuk niche-market. Maka Anda perlu mempersiapkan berbagai hal dari visi bisnis tersebut. Aspek visi bisnis ini akan berkaitan dengan nilai-nilai yang akan Anda tanamkan pada tim Anda nantinya.

  • Membangun Tim yang Kompak

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah membangun tim yang kompak dan dapat merealisasikan visi yang ideal. Memilih orang-orang sebagai tim untuk membangun bisnis co-working space Anda dapat dipilih dari latar belakang marketing, public relation, coworking software engineer dan manajer operasional.

Pastikan jika tim yang Anda bentuk terdiri dari individu yang profesional dan ahli dalam bidangnya. Hal tersebut karena bisnis satu ini hampir sama seperti bisnis start up yang membutuhkan tenaga ahli untuk membangunnya. Jika Anda sudah membentuk sebuah tim yang kompak dan ideal, maka Anda sudah siap untuk membangun bisnis co-working space. 

Ayo Ciptakan Bisnis Co-Working Space dengan Reksadana

Setelah Anda memahami definisi dan tips membangun bisnis co-working space, maka saatnya Anda memanfaatkan produk reksadana dari perbankan prioritas DBS Treasures. Keuntungan jenis investasi satu ini dapat Anda jadikan dana awal untuk membangun sebuah bisnis, salah satunya co-working space.

Ketika membangun bisnis co-working space, perlu adanya perincian keuangan dan dana yang detail. Hal tersebut karena pasar bisnis ini cukup niche dan segmented alias hanya masuk pada pasar yang spesifik. Maka dari itu, dibutuhkan produk investasi yang terpercaya dan stabil agar keuntungan yang Anda dapatkan lebih maksimal. 

Salah satu produk investasi terbaik yaitu reksadana yang mana memiliki banyak keunggulan. Adapun keunggulannya seperti risiko kerugian investasi yang terdiversifikasi sebagaimana menjadi suatu hal yang Anda butuhkan ketika membangun bisnis dari awal.

Selain itu, Anda membutuhkan tenaga profesional atau Manajer Investasi untuk menangani pengelolaan investasi agar keuntungan dapat lebih maksimal ketika mempersiapkan dana awal bisnis. Maka, DBS Treasures yang bermitra dengan ragam Manajer Investasi profesional dapat menjadi pilihan paling tepat.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Raih peluang terbaru yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). 

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Maka dari itu, Anda dapat membangun bisnis co-working space sekarang juga dengan menggunakan produk reksadana yang tepat dari DBS Treasures. Untuk informasi lebih lengkap dan berbagai keuntungan lainnya, silakan klik di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya