Pengamat Nilai Gagasan-Gagasan Anies Lebih Segar dan Baru

Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Kunto Adi Wibowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan dinilai berhasil membawakan gagasan-gagasan yang cukup segar (fresh) dan memiliki kebaruan karena tawaran kesetaraan dan keadilan saat tampil di acara 3 Bacapres Adu Gagasan di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (19/9/2023).

Nasdem Akui Surya Paloh Minta Anies Angkat Kursi

Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Kunto Adi Wibowo menjelaskan bahwa gagasan yang cukup segar itu perlu lebih dikaitkan dengan kondisi saat ini, khususnya anak muda (generasi milenial & Gen Z) sehingga tidak dibilang oleh mereka hanya sekadar kata-kata saja.

"Menurut saya gagasan Mas Anies cukup fresh ya, menyegarkan. Mungkin ini yang dibutuhkan pemilih di Indonesia saat ini, yaitu tawaran-tawaran baru (dari Anies Baswedan),” ujarnya.

Timnas Amin Bakal Halalbihalal di Rumah Anies Besok, Langsung Dibubarkan?

Dia menilai gagasan baru tersebut membuat kondisi tidak stuck (terjebak) dengan apa yang telah dilakukan oleh pemimpin-pemimpin sebelumnya. 

"Setelah sampai di sini, mau melompat ke mana dan akan ke mana dan apa yang perlu diperbaiki kemarin. Gagasan anies lebih segar, menawarkan novelty [kebaruan] daripada hanya ide-ide yang hanya sifatnya karikatif [menyenangkan]," katanya.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Saat memaparkan gagasannya di depan civitas akademika UGM, Anies menegaskan, payung utama atas seluruh gagasannya adalah kesetaraan dan keadilan. Pasalnya, jika keadilan diterapkan di seluruh sektor, maka kian mempererat persatuan untuk menuju bangsa yang adil, maju, dan sejahtera.

Anies juga menyampaikan 5 gagasan utama. 1) Kesetaraan dalam akses kesehatan. 2) Kesetaraan pendidikan. 3) Kesetaraan lapangan pekerjaan bagi semua. 4) Keterjangkauan dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok. 5) Penegakan hukum.

Di samping itu, Kunto mengapresiasi 3 bakal capres yang memiliki keberanian, kemauan untuk adu gagasan serta mempunyai komitmen untuk mengisi pemilu penuh dengan gagasan, bukan hanya pencitraan semata.

Selain itu, Kunto menilai, bakal capres Prabowo Subianto membawa gagasan untuk melanjutkan pekerjaan Presiden Jokowi dan melanjutkan cita-citanya sejak pertama kali menjadi capres pada Pilpres 2014.

Adapun, Ganjar Pranowo, katanya, lebih membawa gagasan tentang digital yang visioner dan futuristik. Akan tetapi, menurutnya, masih perlu penajaman gagasan digital tersebut sehingga tidak hanya cerita soal targetnya saja. Akan tetapi, apa yang dimaksud Ganjar dengan entrepreneur digital dan lainnya, karena seller (penjual) di marketplace juga entrepreneur digital. "Kenapa tidak disinggung, sehingga misalnya tidak pakai marketplace dari negara lain."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya