Kemenperin Akselerasi Penguatan Standardisasi dan Daya Saing IKM Agro

Kepala BSKJI Kemenperin, Andi Rizaldi
Sumber :
  • Kemenperin

VIVA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengakselerasi penguatan standardisasi melalui layanan teknis prima khususnya bagi pelaku industri, termasuk sektor industri kecil dan menengah (IKM). Salah satu upayanya melalui peluncuran layanan baru di Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Agro (BBSPJIA) Bogor, yaitu sebagai Penyedia Bahan Acuan (PBA), Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), dan Lembaga Verifikasi Independen (LVI) yang bertujuan meningkatkan daya saing industri dan IKM agro di Indonesia.

Aturan Impor Produk Elektronik Buka Peluang Industri Lokal Jadi Raja di Negeri Sendiri

“Industri agro memberikan kontribusi yang signfikan pada triwulan II tahun 2023 sebesar 8,29 persen terhadap PDB nasional, dan menyumbang hingga 50,87 persen pada PDB industri pengolahan nonmigas. Sampai Agustus 2023, industri agro juga menjadi kontributor terbesar terhadap capaian ekspor industri pengolahan nonmigas dengan nilai USD42,98 miliar,” kata Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, Andi Rizaldi dalam sambutannya pada acara Business Gathering yang dilaksanakan oleh BBSPJIA di Bogor, Jawa Barat, Kamis (2/11).

Kepala BSKJI menyampaikan, sebagai salah satu sektor prioritas dalam peta jalan Making Indonesia 4.0, industri agro membutuhkan strategi dan kebijakan pengembangan yang tepat agar daya saing dan nilai tambahnya semakin meningkat. Langkah strategis itu di antaranya melalui pemanfaatan, penyediaan dan penyaluran sumber daya alam, kerja sama internasional, insentif fiskal dan nonfiskal, pembangunan SDM industri, pengembangan dan pemanfaatan teknologi, serta standardisasi industri.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

“Untuk kebijakan pengembangan dan pemanfaatan teknologi serta penerapan standardisasi industri, sangat berkaitan erat dengan tugas dan fungsi unit pelaksana teknis di BBSPJIA Bogor,” tutur Andi.

Oleh karena itu, BBSPJIA bertekad untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas layanannya dan dapat mengembangkan layanan baru, termasuk menggelar Business Gathering dengan tema “Penguatan Standardisasi dan Pengembangan Layanan Teknis Untuk mendukung Daya Saing Industri Agro”.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Business Gathering BBSPJIA tersebut diikuti sebanyak 700 peserta yang berasal dari perwakilan industri dan instansi pemerintah mitra BBSPJIA, yang hadir secara offline dan online. Selain layanan baru LPH, PBA dan LVI, dalam Business Gathering ini BBSPJIA juga meluncurkan aplikasi layanan Sistem Informasi Kalibrasi (SIKAL) sebagai pendukung layanan kalibrasi, serta e-Sertifikasi sebagai pendukung layanan sertifikasi produk dan sistem.

“Dengan digitalisasi layanan ini diharapkan juga dapat membantu mitra pelanggan BBSPJIA untuk mendapatkan layanan yang cepat, akurat, transparan, tertelusur dan mudah diakses di mana saja,” papar Kepala BBSPJIA, Siti Rohmah Siregar dalam laporannya.

Siti mengemukakan, kolaborasi dan sinergi antar stakeholder menjadi kunci di era modern dalam upaya meningkatkan kualitas serta daya saing industri nasional, termasuk industri agro.

“Maka itu, BBSPJIA membuka kerja sama baik dengan pihak pemerintah daerah, akademisi maupun industri,” ungkapnya.

Melalui gelaran Business Gathering ini, BBSPJIA melakukan penandatanganan MoU dengan sejumlah mitra pelanggannya seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang (Kerja sama Pelatihan Industri Hasil Tembakau Batch 2), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kerinci (Kerja sama Pengujian Produk, Pelatihan, Optimalisasi Teknologi dan Sertifikasi), Perumda Tirta Giri Nata Cirebon (Kerja sama Konsultansi/Pendampingan Persiapan Akreditasi Laboratorium sesuai SNI ISO/IEC 17025:2017), dan PT Sinergi Gula Nusantara (Kerja sama Sertifikasi, Pengujian, Kalibrasi dan Uji Profisiensi untuk 35 Pabrik Gula).

Pada kesempatan yang sama, BBSPJIA memberikan apresiasi kepada industri yang telah menjadi mitra pelanggannya melalui penyerahan BBSPJIA Customer Award 2023 kepada PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Divisi Bogasari Flour Mills), PT Mayora Indah Tbk, Pusat Instrumentasi, Kalibrasi dan Rekayasa – BMKG, dan PT American Standard Indonesia.

Selain itu dilakukan penyerahan sertifikat untuk pelanggan Lembaga Sertifikasi BBSPJIA, yaitu Sertifikat SPPT SNI (PT Wahana Dharma Persada, PT Ultra Prima Abadi), Sertifikat HACCP (PT Alpen Food Industry, PT Soja Sejahtera Raya), Sertifikat ISO 22000 (PT Tirta Sukses Perkasa – Bogor), Sertifikat ISO 9001 (PT Ikafood Putramas, PT Sinergi Gula Nusantara PG Sei Semayang), dan Sertifikat Industri Hijau (PT Torabika Eka Semesta).

Siti menambahkan, di tengah tantangan persaingan dan kompetisi di era globalisasi saat ini, BBSPJIA sebagai salah satu satker BLU Mandiri di bawah Kemenperin terus berkomitmen memberikan layanan secara berintegritas dan profesional dengan semangat SPEED (Sinergi, Profesional  Efektif, Efisien dan Digitalisasi).

“Dengan demikian, BBSPJIA diharapkan dapat terus bergerak cepat dalam beradaptasi, bertransformasi, dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atau industri agro yang sangat dinamis sejalan dengan komitmen BBSPJIA HEBAT (Handal, Efektif, Bersih, Akurat, Terpercaya),” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya