Siap Kerja, Politeknik ATI Makassar Lahirkan 269 Lulusan Kompeten

Wisuda ke-39 Ahli Madya yang digelar di Makassar
Sumber :
  • Kemenperin

VIVA – Industri manufaktur merupakan sektor yang berperan penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Setiap tahunnya, sektor industri membutuhkan sekitar 682.000 tenaga kerja. Pembangunan sumber daya manusia (SDM) industri menjadi prioritas untuk menghasilkan SDM yang kompeten dan berdaya saing sehingga mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

Salah satu upaya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk menciptakan SDM industri yang berkualitas adalah melalui penyelenggaraan pendidikan di sekolah menengah kejuruan dan politeknik yang dimiliki.

“Pembangunan SDM industri yang kompeten dan berdaya saing melalui pendidikan vokasi menjadi prioritas kami. Salah satunya melalui unit-unit pendidikan yang dimiliki Kemenperin, seperti Politeknik ATI Makassar,” ujar Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri (PPPVI), Emmy Suryandari mewakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) pada Wisuda ke-39 Ahli Madya yang digelar di Makassar, Kamis (16/11/2023).

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Pada tahun 2023, Politeknik ATI Makassar melahirkan 269 lulusan program studi Diploma Tiga yang kompeten dan siap kerja, berasal dari empat program studi, yaitu Program Studi Teknik Industri Agro sebanyak 87 orang, Program Studi Teknik Manufaktur Industri Agro sebanyak 65 orang, Program Studi Teknik Kimia Mineral sebanyak 52 Orang, dan Program Studi Otomasi Sistem Permesinan sebanyak 65 Orang.

Kompetensi lulusan Politeknik ATI Makassar dibuktikan dengan seluruh lulusan Politeknik ATI Makassar telah mengantongi sertifikat kompetensi sesuai dengan keahlian masing-masing dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BSNP) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik ATI Makassar.

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

“Bahkan, sejumlah wisudawan mengantongi dua sertifikat kompetensi,” jelas Emmy.

Dari 269 lulusan Politeknik ATI Makassar yang diwisuda, sebanyak terdapat 14,12% lulusan telah terserap di perusahaan industri multinasional, antara lain di PT. Merdeka Tsingshan Indonesia, PT. Ocean Sky Metal Industry, PT. Suryamas Megah Steel PT Biota Laut Ganggang, dan PT. Indonesia Guang Ching Nikel and Stainless Steel.

Emmy menambahkan, angka serapan lulusan Politeknik ATI Makassar tahun 2023 diharapkan dapat terus meningkat dengan masa tunggu selama enam bulan, sehingga bisa memenuhi kebutuhan sektor industri. Pada tahun 2022, tingkat serapan lulusan dari program studi Diploma Tiga Politeknik ATI Makassar mencapai 80,88%, sedangkan untuk program vokasi industri setara Diploma Satu mencapai 100%.

Acara Wisuda ke-39 Ahli Madya Politeknik ATI Makassar dirangkai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Politeknik ATI Makassar bersama para mitra industri, yaitu PT Sals and Sons Indonesia dan CV Sumber Pangan Indonesia, serta penyerahan penghargaan kepada pendamping Kuliah Kerja Praktik (KKP) dari mitra industri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya