Pengumuman, Ini Pemenang BRI Write Fest 2023

Pemenang BRI Write Fest 2023 sudah diumumkan
Sumber :
  • BRI

VIVA – Pemenang dari kompetisi menulis karya jurnalistik dan Creative+ Blog bernama BRI Write Fest 2023 sudah diumumkan. Kompetisi yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-128 BRI ini telah menyeleksi karya terbaik para penulis blog (blogger) dan jurnalis seluruh Indonesia sejak 17 Oktober s.d 9 Desember 2023.

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Seperti diketahui, terdapat kategori peserta kompetisi yakni jurnalis dari televisi, cetak, online, radio, dan creative blogger. Tercatat secara total sebanyak 954 peserta yang mendaftar dengan 1.261 karya telah ter-submit selama periode tersebut.

Cara BRI Sikapi Ketidakpastian Global dan Era Suku Bunga Tinggi

Untuk kategori jurnalis, terdapat 460 peserta yang mendaftar dengan 620 karya tersubmit. Selanjutnya, 620 karya tersebut melalui tahap penyisihan untuk dinilai oleh 10 orang juri yang merupakan jurnalis dari media ternama di Indonesia yang berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Setelahnya, sebanyak 40 karya terbaik (10 karya pada masing-masing platform) terpilih untuk melalui tahap final yang dinilai oleh 6 jurnalis senior Indonesia, mulai dari Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Hendry Ch Bangun, Ketua Umum Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Uni Zulfiani Lubis, CEO Media Digital Tempo Wahyu Dhyatmika, hingga Pengurus Dewan Pers Paulus Tri Agung Kristanto, Totok Suryanto, dan Yadi Hendriana.

BI Rate Naik Jadi 6,25 Persen, Begini Respons Dirut BRI

Keenam juri pun menentukan juara 1,2,3 serta juara harapan untuk 5 orang di masing-masing kategori online, televisi, cetak, dan radio yang mendapatkan hadiah total puluhan juta rupiah. Tak hanya itu, jurnalis yang mensubmit karyanya di kompetisi ini secara otomatis terdaftar di Fellowship Journalism 2024 sehingga berpeluang mendapatkan kesempatan mengemban pendidikan pada jenjang lebih tinggi (S2) yang diberikan oleh BRI.

Sementara untuk kategori Creative+ Blog, tercatat 473 peserta mendaftar dengan 546 karya tersubmit. Terdiri dari 3 fase penjurian, yakni memilih 278 besar untuk fase pertama, disaring menjadi 75 besar (fase kedua), dan ditentukan juara 1,2,3 dan 50 juara harapan di fase terakhir. Karya-karya tersebut dinilai oleh blogger pengalaman Indonesia seperti Bapak Blogger Indonesia Enda Nasution, Ketua Umum Siber Kreasi Donny Budi Utoyo, dan Co-founder Komunitas Blogger Perempuan Almazia Pratita.

Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi menyampaikan kebanggaannya terhadap para penulis negeri yang telah mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

“Selamat bagi para pemenang BRI Write Fest 2023. Semoga ini menambah motivasi para penulis untuk meningkatkan kapabilitasnya, dan menghasilkan karya yang semakin informatif, akurat, dapat memberi pencerahan, dan juga membangun optimisme Masyarakat,” ungkapnya.

Tema besar dari kompetisi ini adalah “Memberi Makna Indonesia” dengan lima pilihan sub tema, di antaranya, Layanan dan Digitalisasi BRI untuk Masyarakat, 128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat, BRI Sebagai ESG Initiative di Indonesia, BRI Memberdayakan Ultra Mikro dan UMKM Indonesia, dan Leadership & Transformation BRI.

Kompetisi ini berhadiah total Rp270 juta rupiah dengan rincian yakni Rp25 juta (juara 1), Rp10 juta (juara 2), Rp5 juta (juara 3), Rp2 juta (juara harapan) di masing-masing kategori. Selain itu, peserta yang men-submit lebih dari 5 karya akan berkesempatan mendapatkan hadiah Rp1 juta untuk 5 peserta yang beruntung dari kategori jurnalis dan blogger.

Berikut daftar pemenang BRI Write Fest 2023:

Kategori Jurnalis

- Jurnalis Online:
Juara 1: Arlina Satiti Mugi Laras – bisnis.com
Juara 2: Sylke Febrina Laucereno – detik.com
Juara 3: Aflahul Abidin – surabaya.tribunnews.com

- Jurnalis Televisi:

Juara 1: Azzi Fardiansyah – Kompas TV Jawa Barat
Juara 2: Imron Fahim – Kompas TV Jawa Timur
Juara 3: Stefiani Sirait – MNCTV

- Jurnalis Cetak:

Juara 1: Silahuddin Genda – Ujungpandang Ekspres
Juara 2: Eka Prasetya Kusuma Negara – Jawa Pos Radar Bali
Juara 3: Muhammad Alif Santosa – Kabar Cirebon

- Jurnalis Radio:

Juara 1: Ardi – RRI Merauke
Juara 2: Nur Riska – RRI Singaraja
Juara 3: Lucky Setiawan – RRI Semarang

- Kategori Blogger:

Juara 1: Suria Riza – www.echaimutenan.com 
Juara 2: Rahma Ahmad – www.jilbabbackpacker.com 
Juara 3: Farichatul Jannah – www.farichatuljannah.my.id

Pengumuman pemenang juga bisa dilihat di website resmi BRI www.bri.co.id/briwritefest dan instagram resmi BRI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya