Jelang Implementasi Ceisa 4.0 Manifest, Bea Cukai Belawan Gelar Asistensi

Bea Cukai gelar sosialisasi dan asistensi
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Bea Cukai Belawan gelar sosialisasi dan asistensi CEISA 4.0 Manifest, di Kantor Bea Cukai Belawan, pada Kamis (14/12). Peserta kegiatan tersebut merupakan para agen pelayaran dan non-vessel operator common carrier (NVOCC).

Kementerian Keuangan Tanggapi Masukan Masyarakat Terkait Permasalahan Impor Barang Kiriman

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Belawan, Rinto Setiawan mengatakan kegiatan itu merupakan inisiatif Bea Cukai Belawan dalam rangka persiapan implementasi CEISA 4.0 Manifest yang dalam waktu dekat akan diterapkan secara nasional.

"Acara ini sengaja kami laksanakan sebagai bentuk perhatian Bea Cukai Belawan, agar pada saatnya nanti implementasi CEISA 4.0 Manifest dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan tidak sampai memunculkan kendala bagi para pengguna jasa,” ungkapnya.

Bea Cukai Sosialisasikan Aturan Kepabeanan di Dua Wilayah Ini

Selama pelaksanaan kegiatan, para petugas Bea Cukai Belawan melayani pertanyaan para pengguna jasa, seperti kendala login, soal submit RKSP dan manifest pada portal CEISA 4.0 Manifest, serta hal-hal teknis lainnya. Menurut Rinto, pembaruan sistem CEISA oleh Bea Cukai merupakan langkah nyata dalam upaya efektivitas pelayanan kepabeanan dan cukai, melalui optimalisasi teknologi informasi. Dengan pembaruan tersebut diharapkan dapat memberikan semakin banyak kemudahan untuk pengguna jasa dalam melaksanakan prosedur perdagangan internasional.

"Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan pemahaman pengguna jasa terkait penggunaan CEISA 4.0 Manifest serta dapat menjaring permasalahan, saran, dan masukan," imbuhnya.

Sempat Ditahan 1 Tahun 4 Bulan, Bea Cukai Bebaskan Alat Belajar Siswa SLB

Rinto juga menekankan bahwa selain sosialisasi dan asistensi, demi menunjang keberhasilan implementasi CEISA 4.0 Manifest, pihaknya membutuhkan kerja sama yang baik dengan seluruh stakeholders.

“Kami berkaca pada keberhasilan mandatory SSM Sarana Pengangkut, yaitu ketika Bea Cukai Belawan termasuk peringkat dua terbaik dalam hal efektivitas penerapannya dibandingkan dengan pelabuhan-pelabuhan terbesar lainnya di Indonesia. Keberhasilan itu tentunya bukanlah upaya Bea Cukai Belawan semata. Namun, merupakan hasil dari kerja sama yang baik serta dukungan dari seluruh stakeholders. Untuk itu, kami juga mengharapkan kerja sama yang baik dalam implementasi CEISA 4.0 Manifest ini,” tutupnya.

Dirjen Bea Cukai cek proses pengiriman dan penerimaan barang ekspor impor di DHL Soekarno-Hatta, Tangerang

Dirjen Bea Cukai Cek Gudang DHL, Begini Alur Penerimaan dan Pengiriman Ekspor-Impor

Dirjen Bea dan Cukai, Askolani bersama dengan jajaran terkait melakukan pengecekan penerimaan dan pengiriman barang baik impor atau ekspor DHL.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024