Menuju 2024, Ikuti Tips Ini agar Kondisi Finansial Sehat di Masa Depan

Ilustrasi mengelola keuangan
Sumber :
  • Pexels

VIVA – QRIS saat ini semakin populer digunakan oleh masyarakat sebagai alat transaksi yang praktis dan aman. Layanan ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mengelola keuangan lebih baik lagi. Lewat metode transaksi ini, catatan pengeluaranmu lebih mudah dilihat dan kamu juga bisa hemat lebih banyak karena ada banyak promo.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Bicara soal pengelolaan keuangan, tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar kondisi finansial selalu sehat dan stabil. Awal tahun 2024 ini akan menjadi momen yang tepat bagi kamu untuk mulai menerapkan strategi pengelolaan keuangan lebih baik lagi.

Pengelolaan Keuangan 2024

Pemerintah Sudah Kantongi Rp 112 Miliar Pajak Transaksi Kripto pada 2024

Masuk ke tahun 2024, kamu pasti sudah punya resolusi khususnya di bidang finansial. Namun resolusi tersebut tidak akan bisa tercapai jika kamu tidak punya strategi dalam mengelola finansial itu sendiri. Jadi mulai sekarang kamu harus memperhatikan pengelolaan finansialmu dan mulai mengubah strateginya sebaik mungkin.

Menurut beberapa sumber, pengelolaan anggaran bulanan menjadi kunci penting dalam mengatur finansial agar lebih stabil. Terutama di tahun 2024 nanti dimana tren akan banyak berubah dan kebutuhan biaya hidup bisa saja meningkat tajam. Berikut ini ada beberapa strategi pengelolaan keuangan 2024 yang bisa kamu coba terapkan.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh
  • Buat Anggaran Baru

Di tahun yang baru kamu perlu membuat anggaran keuangan yang baru. Kemungkinan besar kebutuhanmu akan berubah di tahun 2024 ini. Jadi rasanya akan kurang efektif jika kamu masih memakai anggaran keuangan yang lama.

Lebih baik buatlah anggaran baru agar semakin relevan dengan kondisimu saat ini. Buat anggaran secara rinci agar kamu bisa benar-benar tahu kemana saja rencana alokasi dana nanti. Atau kamu bisa memanfaatkan dompet maxi, fitur tabungan yang ada di aplikasi perbankan digital yang dapat membantumu kelola keuangan supaya lebih rapi.

  • Kurangi Pengeluaran Konsumtif

Di tahun 2024 nanti, sangat disarankan untuk mengurangi pengeluaran yang bersifat konsumtif. Demi mendapatkan kondisi keuangan yang stabil dan merasakan kebebasan finansial, kamu harus bisa menahan berbagai jenis pengeluaran konsumtif. Apalagi jika pengeluaran tersebut tidak mendatangkan manfaat.

Kamu bisa melihat kembali catatan keuangan di tahun sebelumnya. Dari sini kamu bisa menemukan apa saja pengeluaran konsumtif yang sudah dilakukan. Jika pengeluaran tersebut tidak begitu penting dan angkanya terlalu besar, segera lakukan pemangkasan.

Cobalah untuk meningkatkan investasi dan nilai aset di tahun 2024 ini. Tidak mudah memang, namun dengan niat yang kuat kamu pasti bisa melakukannya. Apalagi jika kamu punya motivasi yang besar untuk mencapai tujuan finansial tertentu lewat investasi.

Dalam hal ini kamu perlu mulai membuat rencana apa saja instrumen investasi yang akan dipakai. Selain itu kamu juga perlu mencatat aset apa saja yang sudah dimiliki dan bagaimana cara meningkatkan nilainya.

  • Upayakan Sumber Penghasilan Pasif

Cobalah untuk berpikir cerdas di tahun 2024 ini dengan mengupayakan penghasilan pasif yang lebih besar. Demi mencapai kebebasan finansial, peningkatan pemasukan memang sangat dibutuhkan. Namun akan jauh lebih bagus lagi jika penghasilan tersebut bersifat pasif.

Artinya kamu tidak perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk menambah penghasilan. Penghasilan pasif ini bisa datang dari mana saja, misalnya dari instrumen investasi yang memberi profit konsisten.

  • Minimalkan Utang

Di tahun 2024 ini fokuslah untuk menambah aset dan sebisa mungkin minimalkan utang. Bagaimanapun juga utang akan menjadi beban finansial bagimu nantinya. Jadi sebisa mungkin minimalkan utang dan sesuaikan gaya hidupmu dengan kemampuan finansial yang kamu miliki saat ini.

Contoh Anggaran Bulanan

Pada dasarnya anggaran bulanan merupakan sebuah hal yang sifatnya sangat private. Artinya setiap orang memiliki anggaran bulanan yang berbeda karena kebutuhan serta pemasukannya juga berbeda. Jadi tidak bisa disamakan satu individu dengan yang lain terkait penyusunan anggaran tersebut.

Namun mari kita buat contoh mudah untuk menyusun anggaran bulanan. Kamu bisa mulai dulu dari nilai total pemasukan yang kamu dapatkan. Dari sini kamu bisa menggunakan formula tertentu untuk menyusun anggaran keuangan, misalnya saja dengan formula 40-30-20-10.

Formula ini menunjukkan 40% dari total gaji akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kemudian 30%-nya dipakai untuk membayar cicilan jika ada dan beragam jenis tagihan seperti air, listrik, internet. Lanjut ke porsi berikutnya ada 20% untuk dana investasi dan tabungan.

Lalu kemana 10% dana penghasilanmu akan dialokasikan? Bagian ini bisa kamu arahkan untuk bersedekah atau berdonasi. Besar nominalnya sangat dipengaruhi oleh nilai penghasilan masing-masing individu.

Namun ada juga yang memilih untuk menerapkan rumus 50-20-30 saat menyusun anggaran bulanan. Porsi terbesar 50% akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayar tagihan jika ada. Kemudian 20% akan digunakan untuk investasi dan tabungan.

Sementara itu alokasi dana sebesar 30% akan diarahkan untuk membiayai beragam jenis keinginan. Misalnya saja untuk memberi self reward atau kebutuhan hiburan lainnya.

Pemakaian QRIS untuk Kontrol Pengeluaran

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini sebenarnya ada banyak fasilitas yang mempermudah kamu untuk mengontrol pengeluaran. Pengelolaan finansial juga sebenarnya jadi lebih mudah jika kamu bijak memanfaatkan beragam jenis teknologi tersebut.

Salah satu contohnya adalah metode pembayaran QRIS yang sangat populer saat ini. Lewat layanan ini kamu bisa lebih bijak mengeluarkan uang. Semua catatan transaksi akan direkam secara digital dan bisa dengan mudah kamu akses saat harus melakukan evaluasi keuangan.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mendapat banyak promo menarik saat bertransaksi dengan layanan ini. Tinggal cari saja merchant yang tepat dan memberi penawaran tersebut. Dari sini kamu bisa saja menghemat lebih banyak uang dan pengeluaranmu jadi lebih terkendali.

Cara sederhana seperti ini ternyata bisa memberi pengaruh besar terhadap pengelolaan keuanganmu sehari-hari. Selain itu tanpa kamu sadari, hal ini juga bisa saja membantu mencapai tujuan finansial atau resolusi keuangan di tahun 2024 nanti. Asalkan pemakaiannya bijak dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu juga bisa mengelola keuangan lebih bijak lagi dengan memanfaatkan beragam jenis fitur menarik dari digibank by DBS. Misalnya saja dengan menabung di Dompet Maxi yang akan meningkatkan efektivitas alokasi dana berdasarkan pos-posnya, misal alokasi belanja bulanan, budget dana darurat, sampai budget healing.

Dari pos alokasi belanja bulanan, kamu bisa kontrol keperluan bulanan, tagihan dan transaksi sehari-hari dengan pembayaran QRIS dari aplikasi digibank by DBS. Lewat fitur ini, kamu bisa bayar apapun lebih sat set. Selain itu limit transaksinya juga besar sampai Rp10 juta per transaksi per hari. Bahkan ada beragam jenis promo dan cashback yang dapat kamu nikmati di merchant pilihan supaya kamu bisa lebih hemat.

Langsung saja manfaatkan fitur-fitur menarik dari digibank QRIS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya